KONI Kota Cimahi Siap Laksanakan Olahraga Prestasi Kota Cimahi Menuju Tiga Besar, itu Pesan Sekda Kota Cimahi

Ketum KONI Kota Cimahi H. Aris Permoni dan pengurus KONI lainya, menghadiri pemberian penghargaan atlet dan pelatih berprestasi POPDA XIII Jabar dan PEPARDA III Tahun 2023, serta manajer berprestasi pada PORPROV XIV Jabar Tahun 2022, di Gedung Techno Park Baros Kota Cimahi, Jumat (17/11/2023) Foto : Humas KONI Kota Cimahi.

Cimahi,- InBewara, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi, beserta seluruh jajaran pengurus KONI, pengurus Cabang olahraga (Cabor), para atlet akan memaksimalkan tenaga dan pikirannya untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kota Cimahi , sehingga target menjadi tiga besar pada kegiatan Pekan Olahraraga Provinsi (PORPROV) Jawa Jabar (Jabar) mendatang bisa dicapai.

Ketua umum (Ketum) H.Aris Permono mengatakan hal itu, menanggapi pernyataan dan harapan Sekretaris daerah (Sekda) Kota Cimahi Dikdik Suratno Nugrahawan yang meminta KONI Kota Cimahi prestasi olahraga di Kota Cimahi meningkat dan bisa menjadi tiga besar.

Pernyataan Ketum KONI Kota Cimahi itu, usai menghadiri pemberian penghargaan atlet dan pelatih berprestasi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XIII Jabar dan Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) III Tahun 2023, serta manajer berprestasi pada PORPROV XIV Jabar Tahun 2022, di Gedung Techno Park Baros Kota Cimahi, Jumat (10/11/2023)

Dikatakan H.Aris Permono, pada prinsipnya apa yang menjadi harapan Sekda Kota Cimahi, insyaa Allah .Dirinya, akan siap untuk melaksanakan. Namun, sejalan dengan prestasi yang diraih, semua itu tidak terlepas dengan kondisi sejauh mana kemampuan anggaran yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi.

“Untuk merealisasikan harapan itu, tentunya KONI dan Dinas Kebudayaan Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, sebagai pengambil keputusan harus sinergi dengan KONI. Karena, prestasi olahraga tidak terlepas dengan masalah anggaran. Maka itu, perlu adanya dukungan angaran dari Pemkot Cimahi, melalui Disbudparpora yang memadai. Insya allloh akan kami laksanakan sekuat tenaga danxseoptimal mungkin,” ujarnya.

Lebih lanjut Aris menyatakan, KONI Kota sendiri untuk mencapai prestasi yang menjadi harapan ini, sudah melakukan pembibitan para atlet dari berbagai umur dan kelas di usia sekolah. Contohnya para Pengurus cabang (Pencab), berbagai Cabor terus mengadakan turnamen dan kejuraan kejuraan. Seperti yang sudah di lakukan seperti Pencab Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia (PBVSI) Kota Cimahi yang di gelar di GOR Sangkuriang minggu lalu.99

“Karena saat ini olahraga bagian dari idustri. Tidak sedikit, para orang tuanya bertanya – tanya soal dana prestasi yang diberikan kepada atlet. Sementara, untuk KONI Cimahi, berkaitan dengan hal tersebut, tidak sebesar dari daerah lain. Maka itu, tidak sedikit atlet Kota Cimahi yang pindah ke daerah lain. Untuk itu, saya berharap pada kegiatan PORPROV Jabar mendatang, tidak ada atlet yang pindah,” kata Aris.

Kepala Disbudparpora Achmad Nuryana dalam kesempatan yang sama menyatakan, untuk meningkatkan prestasi olahraga di Kota Cimahi, pihakya dari Disbudparpora yang menangani ke olahragaan akan terus bersinergi dengan KONI, dengan Badan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI), termasuk juga denga PEPARDA Kota Cimahi.

“Tentu saja kemitraan yang di bangun dengan organisasi para Cabor ini, kami akan terus mendorong untuk membangun kemajuan prestasi olahraga di Kota Cimahi sesuai dengan visi dan misi Pemkot Cimahi. Upaya lain yang akan dilakukan Pemkot Cimahi, melalui Disbudparpora dan pihak terkait yakni DPRD, akan menyiapkan anggaran,” katanya.

Oleh karena itu, untuk bisa mencapai prestasi apa yang menjadi harapan Sekda, pihaknya meminta mulai dari sekarang lakukan pembibitan para atlet mulai dari usia dini. Yakni, usia SD,SMP hingga SMA. Termasuk juga, PEPARDA nya, kalau pihaknya melihat atlet PEPARDA, sudah bagus tinggal di pertahankan dan ditingkatkan prestasinya.

“Terkait dengan masalah anggaran, kita sih akan tetap berjuang. Namun kebijakan ada di eksekutif dan legislatif. Pemkot Cimahi, akan terus berjuang. Namun, ada kalanya kalau masalah anggaran biasanya, ada skala prioritas tapi bukan skala priorotas olahraga. Skala prioritas hal lain yang sangat penting. Sehingga, anggaran tidak sepenuhnya masuk ke olahraga, karena tersedot ke sekala prioritas lain ,” tegas Achmad Nuryana.⁹

Adapun rekapitulasi perolehan medali, POPDA XIII Jabar 2023 meraih peringkat ke 7, dari 27 Kabupaten/Kota dengan perolehan medali : 13 medali emas, 10 medali perak dan 3 medali perunggu. Untuk PAPERDA III Jabar meraih peringkat ke 2 dari 27 Kabupaten/Kota, dengan perolehan medali : 15 medali emas, 25 medali perak, dan 20 medali perunggu. Kemudian manager PORPROV XIV 2022 yang berprestasi : 11 medali emas, 5 medali perak dan 8 medali perunggu. Mereka, dapat penghargaan berupa uang dari Pemkot Cimahi.

***(DIN/Red)