Rapat Koordinasi, Konsultasi dan Penyampaian time line Sosialisasi Profil Cabor, Optimalisasi Hibah 2024 dan Rencana Input Anggaran 2025

Ketua KONI Kota Cimahi, Aris Permono memberikan sambutan pada acara pembukaan Rapat koordinasi, di Aula KONI Kota Cimahi Jln .Encep Kartawiria, Cimahi Utara Kota Cimahi.Senin (5/3/2024). Foto : Didin Sjafruddin

Cimahi, InBewara,- Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) kota Cimahi melaksanakan Rapat Koordinasi dan Konsultasi serta penyampaian timeline Sosialisasi Profil Cabor anggota KONI Kota Cimahi, 2024. di Aula KONI Kota Cimahi Ruko Sentra Mas Residence No 3 dan 5 Jln .Encep Kartawiria, Cimahi Utara Kota Cimahi.Senin (5/3/2024).

Kegiatan tersebut dihadiri Para utusan cabor,( Bidang, Organisasi, Prestasi dan Bendahara), Ketua KONI Kota Cimahi , Aris Permono, didampingi Bidang Organisasi, Deddy Cobra, Ketua II , Roni M. Rizal, Ketua III, Richard Aplugi, Badan Audit Internal, Chaerul Syobar, dan Sekum Yayan. Kegiatan ini juga akan
berlangsung selama 4 hari dari Senin (4/3/2024) hingga Kamis(7/3/2024).

Sekum KONI kota Cimahi , Yayan mengatakan pelaksanaan acara ini sebagai rapat koordinasi dengan para cabor dibawah naungan KONI untuk lebih menjelaskan bagaimana proses validasi/ keabsahan cabor anggota KONI Kota Cimahi, Pola Pembinaan Prestasi serta teknis pembuatan dan pengajuan kebutuhan biaya, serta pelaporan.

Kegiatan yang dilaksanakan ini melibatkan sebanyak 56 cabor yang dibagi menjadi 4 tahapan, masing masing 14 cabor.

Tahapan pertama diikuti 25 orang dari 11cabor yang hadir yang sementara yang berhalangan 3 cabor masing masing Atletik, ( PASI), Balap Motor (IMI) dan Balap Sepeda (ISSI).

Hal ini dilakukan dengan share format profil cabor KONI 2024 dalam bentuk pdf, tahap II proses input data pengisian format profil cabor oleh pengurus Cabor, tahap III, penyerahan data profil cabor, tahap IV Koordinasi dan Konsolidasi mengenai keabsahan cabor anggota KONI kota Cimahi dan pedoman pelayanan Bidang bidang.

Pihaknya berharap semua cabor bisa mengikuti dan bisa mengaplikasikan sampai tuntas apa yang disampaikan pada rakor tersebut, sehingga dalam pelaksanaannya nanti bisa sejalan dengan program KONI,” katanya.

Ketua Umum KONI Kota Cimahi , Aris Permono mengatakan pihaknya mengapresiasi para cabor yang mengikuti. Rapat Koordinasi dan Konsultasi serta penyampaian timeline Sosialisasi Profil Cabor anggota KONI Kota Cimahi 2024 .

Hal ini sebagai tindak lanjut di kepengurusan KONI yang ke dua kalinya untuk meningkatkan atlet berprestasi di bawah cabor masing masing dan berbenah diri lebih baik lagi dalam mempersiapkan atlet prestasi untuk persiapan Pelatda dan Babak Kualifikasi (BK) Porprov XV mendatang

“Anggaran yang diterima KONI kita akan coba untuk memaksimalkan sehingga capaian yang diupayakan menjadi optimal. Persoalan anggaran yang diterima walaupun tidak sesuai dengan harapan, tetapi formulasi bisa dilaksanakan dengan baik,” kata Aris ketika membuka Rakor Sosialisasi dan verifikasi Profil Cabor anggota KONI kota Cimahi.

Dikatakan anggaran hibah yang diterima KONI 70 % untuk kebutuhan Cabor dan 30 % Operasional KONI . Hal ini sudah berulang kali disampaikan kepada seluruh cabor baik dalam pertemuan maupun rapat kerja KONI dan Cabor.,”ungkapnya.

Untuk itu pihaknya meminta semua cabor dan para pengurus yang terkait bersinergi untuk memaksimalkan bagaimana gambaran anggaran 2024 yang diterima bisa dioptimalkan” ungkap Aris

Perwakilan dari Ketua I, Deddy Cobra yang juga sebagai ketua cabor Muaythai menyampaikan untuk 2024 ini ada 14 cabor anggota KONI yang harus melaksanakan musyawarah kepengurusan baru .

Oleh karena itu melalui verifikasi cabor yang bermutu kita raih prestasi , untuk mencapa hal itu tentu perlu persiapan dan orientasinya harus pendekatan kepada para cabor dengan kekeluargaan.

Sementara ketua II KONI kota Cimahi bidang pembinaan dan Prestas, Roni M.Rizal mengajukan anggaran dengan 8 program kerja, program kerja antar bidang , Dana Operasional Pembinaan (DOP), Dana Pendampingan Prestasi (DPP,)/ Insus untuk Atlet, Pelatih , dana event, data base

Sistem Informasi Pelaku Olahraga ( Sipelor) dengan informasi profil KONI, Informasi Prestasi, informasi cabor anggota KONI, informasi Club Anggota KONI, informasi data Atlet , Pelatih ,Wasit, dan Database untuk keperluan event.

pihaknya mengingatkan kepada para cabor cabor agar lebih selektif mempersiapkan para atlet berprestasi. Oleh karena itu
diharapkan benar benar untuk berkonsentrasi di Porprov 2025 nanti.

Ketua III Bidang Anggaran, Richard Aplugi menyampaikan tentang teknik pembuatan dan pengajuan kebutuhan biaya serta Pelaporan untuk keperluan atlet dan pelatih Penerima Dana Operasional Pembinaan (DPP), dan Rambu rambu penggunaan anggaran Dana Operasional Pembinaan ( DOP) dan dana event 2024.

Dikatakan Teknik pembuatan harus dipenuhi inventarisasi data, kemudian dibuat rencana kegiatan cabor (Pembinaan, Seleksi BK dan Porprov) kemudian wtentukan berapa prediksi atlet potensial yang akan berprestasi.

oleh karena itu dibuat proposal dengan format pendahuluan ( yang menjelaskan latar belakang kebutuhan, kemudian rencana kegiatan yang akan dilaksanakan dan rencana target atlet yang akan diikutsertakan pada event selanjutnya.,”ungkap Richard

Usulan rencana Kebutuhan harus berdasarkan jenis belanja (Belanja Pegawai, Belanja Barang/Jasa dan Belanja Modal).
Bidang Anggaran untuk kebutuhan 2025
pengajuan paling lambat akhir Januari 2024 yang sudah disampaikan ke KONI berupa Proposal untuk dilakukan rekap, diolah dan dibahas dalam rapim KONI guna diusulkan ke walikota untuk ditampung dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2025.
Usulan proposal ini wajib dibuat agar KONI Kota Cimahi, mendapat alokasi dana Hibah dari APBD 2025.’,” tegas Richard. (DIN)***