Rapat Umum Tahunan 2023, P3SRS Penuhi Tanggung Jawab Sesuai AD/ART

Para Peserta rapat Rapat Umum Tahunan RUT 2023 di Ruang Serbaguna Masjid Al-Mansur TSMA di Jln Soekarno Hatta 689 B Bandung, Sabtu (27/4/2024).

Bandung, InBewara,- Pengurus Perhimpunan Pemilik dan Penghuni Satuan Rumah Susun The Suite@Metro Apartment (PPPSRS-TSMA) bekerja sama dengan Buiding Manajemen (BM) telah melaksanakan Rapat Umum Tahunan 2023 dengan mengundang seluruh para pemilik dan penghuni .

Kegiatan acara Rapat Umum Tahunan (RUT) 2023, dilaksanakan di Ruang Serbaguna Masjid Al-Mansur TSMA di Jln Soekarno Hatta 689 B Bandung, Sabtu (27/4/2024).

Ketua Panitia Pelaksana RUT 2023, Arwan Yunianto mengatakan bahwa tujuan diadakannya RUT kegiatan tersebut merupakan laporan dan Pertanggung jawaban Pengurus P3SRS yang harus disampaikan kepada para pemilik unit sebagai bukti kepengurusan P3SRS terutama laporan keuangan tahun buku 2023 ( Januari 2023 – Desember 2023), rencana kerja yang sudah dilaksanakan 2023 dan program kerja di 2024.

Dasar diselenggarakannya RUT 2023 adalah Peraturan Pemerintah (Permen) PUPR No 14 , 2021 tentang P3SRS, Peraturan Walikota (Perwalkot ) Bandung No 543, 2018 tentang Pembentukan P3SRS dan akta pendirian Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga ( AD/ART).

Pelaksanaan RUT dihadiri para pemilik, Konsultan Penasehat Hukum Deni Rachmat dan tim, Auditor independen dan undangan terkait lainnya.

Pelaksanaan RUT dimulai pukul 08.30 WIB Namun kondisi dan suasana dalam RUT tersebut para pemilik unit yang hadir hanya sebanyak 66 peserta jumlah peserta ini belum memenuhi quorum (50 % + 1), sehingga menurut ketentuan AD /ART harus menunggu waktu .

Para pemilik yang hadir pada pukul 08.30 WIB saat dimulai acara sebanyak 44 orang diantaranya 37 hadir offline dan 7 peserta lainnya online, ketentuan AD/ART harus menunggu paling sedikit 30 menit atau sekurang kurang 2 kali 60 menit, keputusan rapat diambil 30 menit.

Setelah 30 menit jeda waktu tepat pukul 09.00 WIB dilanjut kembali rapat RUT dengan tambahan jumlah peserta yang hadir sebanyak 14 peserta offline dan 8 peserta melalui online sehingga total yang hadir pada RUT TSMA seluruhnya sebanyak 66 peserta yang hadir.

Hal ini menyebabkan RUT 2023 tidak memenuhi quorum (50%+ 1) dari semua para pemilik unit sebanyak 1717 unit yang ada sehingga menurut ketentuan AD/ART pelaksanaan RUT ditangguhkan paling cepat 1 minggu dan paling lambat 1 bulan kemudian untuk pelaksanaan RUT 2023 .

Ketua P3SRS , Irma Widaningsih mengatakan bahwa Rapat RUT ini adalah para pemilik unit TSMA yang terdaftar dibuku anggota P3SRS, pengurus dan pengawas, penghuni yaitu orang yang menempati satuan rumah susun ( sarusun) terdaftar dibuku anggota P3SRS dan dibuktikan dengan surat kuasa.

Dikatakan Irma, “Para peserta RUT sesuai waktu yang ditetapkan dan semua peserta wajib menjaga kondusifitas dengan semangat mendahulukan kepentingan umum diatas kepentingan pribadi”.

Pihaknya menyampaikan bahwa kondisi TSMA sekarang ini sedang mengalami kondisi Pailit, sehingga kita harus menjaga aset kita dan berjuang bersama sama sesuai tageline RUT 2023 ” Mari kita tingkatkan Silaturahmi dan Kepedulian di antara pemilik dan penghuni dengan bersama sama turut menjaga Kebersihan, Ketertiban, dan Keamanan demi kenyamanan di lingkungan TSMA’,” ungkapnnya

Ditambahkan untuk pelaksanaan RUT 2023 Irma mengharapkan agar dalam pelaksanaan RUT yang ditangguhkan setelah penundaan nanti dalam pelaksanaannya bisa diikuti semua para pemilik unit TSMA, agar RUT yang dilaksanakan sesuai dengan waktu yang ditetapkan artinya dengan jumlah peserta yang hadir berapun jumlah peserta yang hadir baik offline maupun online sesuai ketentuan AD/ART setelah penundaan, quorum belum terpenuhi maka rapat dapat dilaksanakan untuk mengambil keputusan,” Tegas Irma di akhir penutupan RUT 2023.

Usai ditutup RUT 2023 yang ditunda sesuai keputusan dan sesuai AD/ART , sebagian para peserta mengajak diskusi untuk mengambil solusi bersama terkait harga listrik dan IPL.

Alhamdulillah RUT 2023 ditunda, para peserta unit TSMA berjalan baik lancar dan sukses dan aman semua kepentingan para pemilik unit menjaga kondusifitas dengan semangat kebersamaan untuk mencari solusi yang terbaik untuk TSMA.

***(DIN).