Olahraga Tradisional pada HUT ke-78 Kodam III/Siliwangi di Jabar Digalakkan, Pangdan III/ Siliwangi Apresiasi

Kasdam III Siliwangi, Brigjen Aminuddin S.I.P. usai memberikan piala dan penghargaan kepada para pemenang eksebisi show BMX di lapangan bihbul, Sabtu (20/7/2024). Foto : dok. Kasdam

Bandung, InBewara,- Pangdam III Siliwangi pada ulang tahunnya yang ke -78 melaksanakan kegiatan olahraga Tradisional di 2024.

Kegiatan Perlombaan Olahraga Tradisional tersebut berlangsung pada pembukaan olahraga Tradisional dalam rangka HUT ke -78 Kodam III Siliwangi yang dilaksanakan di Stadion Siliwangi Jln.Lombok Bandung, Sabtu (20/7/2024).

Panglima Kodam III Siliwangi,
Mayor Jendral TNI, Mohammad Fadjar, MPICT menyampaikan bahwa kegiatan pembukaan olahraga tradisional ini
sebagai salah satu upaya untuk melestarikan budaya lokal melalui olahraga tradisional yang menjadi bahan dari kekayaan bangsa.

Adapun jenis perlombaan yang ditampilkan mulai dari Ketapel, Panahan, Lari Balok, Terompah Panjang, Egrang dan Push Bike serta eksebisi show BMX yang diikuti masyarakat umum, Prajurit dan PNS Kodam III Siliwangi dan Militer.

Untuk meramaikan acara, perlombaan tradisional ini ditampikan Eksebisi Show BMX yang memberikan hiburan yang menarik dan menambah semangat kita dalam rangkaian ini, sehingga seluruh peserta dapat berpartisipasi dengan semangat berkompetisi yang sehat, menjungjung tinggi sportivitas dan selalu menjaga kebersamaan
dan persaudaraan.

Dikatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini dikemas dengan nilai nilai kebèrsamaan dan Sportivitas serta kerja keras yang tercermin dalam setiap perlombaan yang merupakan ciri dari sikap bangsa Indonesia.

“Bermaksud untuk menguji keterampilan dan ketangkasan serta menumbuh kembangkan dan inovasi serta meningkatkan dan menumbuhkan ikatan persaudaraan dan kebersamaan diantara seluruh peserta, sifat gotong royong dan terutama dalam kemanunggalan yang akan tercermin selama perlombaan berlangsung,” ungkapnya.

Kegiatan ini dapat menjadi momen yang menyenangkan sekaligus menyehatkan serta kita dapat kembali mengenang masa kecil dan menikmati kebersamaan dengan penuh kegembiraan.

Kegiatan yang dikemas dengan kolaboratif ini menjadi sarana untuk mengenalkan permainan tradisional kepada generasi muda agar mereka dapat mengenal dan mencintai kearifan budaya lokal bangsa Indonesia.

Mayor Jendral TNI, Mohammad Fadjar, MPICT, berharap melalui kegiatan ini semua yang terlibat dapat menjadikan olahraga tradisional ini sebagai wadah untuk mengingat nilai nilai luhur yang diajarkan nenek moyang kita dan sebagai ajang untuk memupuk persatuan sebagai sebuah bangsa yang kuat dan tidak tergoyahkan oleh modernisasi,” kata Mohammad Fadjar

“Pada akhir acara kegiatan olahraga Tradisonal ini semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kekuatanNya kepada kita semua dalam setiap langkah pengabdian kepada masyarakat bangsa dan negara,” tegas Mohammad Fadjar selaku Pangdam III Siliwangi.

***(DIN)