Kejuaraan Taekwondo Antar Unit Se kota Cimahi, 2024 Sukses, KONI dan Pemkot Apresiasi

Dua atlet nomor junior taekwondo sedang bertarung untuk memenangkan pertandingan pada Kejuaraan Taekwondo antar unit se kota Cimahi, 2024 yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Sangkuriang, Cimahi, Sabtu, (24/8/2024). Foto : Didin Sjafruddin

Cimahi, InBewara – Pengurus Cabang olahraga (cabor)Taekwondo Kota Cimahi menggelar Kejuaraan Taekwondo antar unit se kota Cimahi, 2024 yang berlangsung di Gelanggang Olahraga Sangkuriang, Cimahi, Sabtu (24/8/2024).
.
Kejuaraan tersebut mempertandingan beberapa nomor diantaranya nomor Pemula, dan Prestasi, Pra Cadet dan Cadet, serta Junior dan Senior untuk jenis kyorugi dan poomsae .yang berlangsung selama dua hari mulai Sabtu (24/8/2024) hingga Minggu (25/8/2024).

Hadir pada acara pembukaan tersebut KONI Kota Cimahi diwakili Bidang sport Science, Dr. Hj. Giri Verianti M.Pd, dan Bidang Penelitian dan pengembangan, Verny Juarni Hardi M.Pd., Andar H Sihite, sebagai science Sport, Perwakilan Tarkwondo Jabar dan unsur terkait serta undangan lainnya

Ketua pelaksana, Kejuaraan Taekwondo antar unit se kota Cimahi, Asep Yayan menyampaikan bahwa kejuaraan ini diikuti 439 peserta yang tersebar dari 33 unit yang ada di di wilayah Kota Cimahi.

“Kejuaraan Cabang Taekwondo antar Unit se kota Cimahi 2024 ini merupakan program pertandingan yang menjadi sarana pembinaan atlet berprestasi dalam rangka menghadapi pekan olahraga Pelajar (POPDA) dan Babak Kualifikasi Pekan olahraga Provinsi (BK Porprov) untuk membela kota Cimahi. Hal ini menjadikan kota Cimahi secara konsisten mampu melahirkan atlet binaan asli yang berasal dari kota Cimahi,” katanya.

Sebagai informasi persaingan taekwondo di Jabar sangat ketat, Sehingga Jawa Barat menjadi baromoter Taekwondo di Indonesia.

Hal ini, dibuktikan dari hasil Pekan olahraga Nasional (PON) yang menyatakan bahwa Jawa Barat selama dua kali menjadi juara umum dan Setiap Kejuraan Nasional (Kejurnas), Jawa Barat selalu menjadi Juara Umum.

“Maka tugas kami selaku pengurus Cabang Taekwondo Kota Cimahi wajib melakukan pembinaan atlet secara berkelanjutan dan terprogram. Alhamdulillah di setiap multi event buah kerja atlet binaan sendiri kota Cimahi selalu memberikan medali, seperti pada kejuaraan multi event Porprov.” tegas Asep Yayan.

Sementara Ketua Pengcab Taekwondo Kota Cimahi, Ade Djuhana mengatakan bahwa, “Pengembangan prestasi Taekwondo di kota Cimahi terakomodir dengan baik dan dari kejuaraan antar unit ini menambah kalender kejuaraan untuk kota Cimahi” Kata Adju panggilan Akrabnya.

Hal ini tentu menjadi yang utama dan bagian dari program kerja pengcab selain kalender kegiatan tersebut, masih banyak lagi kejuaraan kejuaraan yang akan segera dihadapi seperti kejurnas di Bandung 27-29 September 2024

“Kedepan akan menghadapi event yang lebih besar dan perlu dari pendukung lainnya, sehingga dapat lebih mempererat tali silaturahmi karena semua taekwondo mendapat dukungan penuh dari setiap unitnya serta dukungan dari orang tuanya” tegas Adjù.

sementara perwakilan dari Taekwondo Jabar, Andar H Sihite, sebagai science Sport, mengatakan bahwa keberlangsungan kejuaraan cabang (kejurcab) Taekwondo se kota cimahi ini dapat berlangsung dan berjalan dengan aman dan baik, tentu pihaknya sangat meng apresiasi yang setinggi tingginya kepada cabor binaan KONI yang sudah melaksanakan kegiatan ini.

“Ya Alhamdulillah, sangat luar biasa kejuaraan yang diikuti anak anak usia dini ini, sehingga bisa mengetahui bibit atlet potensi untuk bisa disiapkan untuk kejuaraan yang lebih tinggi, bukan saja di Kota Cimahi saja tapi di Jawa Barat, bahkan di tingkat Nasional maupun Internasional,” ucap Andre

Pihaknya sangat bangga dan terharu melihat animo adik-adik peserta dan orang tuanya yang begitu semangat mengikuti kejuaraan tersebut.

“Atas nama ketua Pengda Teakwondo Jabar mengucapkan banyak terima kasih kepada semua para peserta, Pengcab Taekwondo Cimahi, dan semua pihak yang terlibat didalamnya hingga suksesnya kejuaraan ini.” kata Andre

Adapun hasil hasil kejuaraan cabang (kejurcab) antar unitsekota Cimahi 2024 ini antara lain, juara umum pertama diraih unit CBR Mandiri , juara Umum 2, unit Gorilla Club dan Juara umum ke 3 unit Beta C”A”.

Sementara untuk atlet terbaik Senior Prestasi putri Kyorugi, Shahlu Nuriyah ( Unjani), atlet terbaik Senior prestasi putra kyorugi, Anugerah Rizki Santosa (RTC Caesar), atlet terbaik Junior prestasi putri kyorugi, Ahwa Sifaeni (Skylark), atlet terbaik Junior prestasi putra Kyorugi, Muhammad Farel Agustian ( CBR Mandiri), atlet terbaik Cadet prestasi putri kyorugi, Lu’Luin Harisya ( Chapman one “B”), atlet terbaik Cadet prestasi putra, Michael Josua ( Pascal), atlet terbaik Pra Cadet prestasi putri kyorugi, Hanny Aprillia (Sangkuriang, atlet terbaik pra Cadet prestasi putra Rafasha (Gorilla), atlet terbaik putri All Class poomsae , Pujiyani Rachmawati (SMPN 1 Cimahi) dan atlet terbaik putra All Class Poomsae , Melki Sadek Mario da Cruz ( Beta C”A”).

***(DIN)