Kodam III/Siliwangi Luncurkan Program Bela Negara, Kolaborasi dengan Disdik Kota Bandung

Kasdam III Siliwangi Brigjen TNI. Aminudin S.I.P saat wawancara dengan awak media di sekolah SD 001 Merdeka Kota Bandung , Selasa, (27/8/2024). Foto : Dok Kasdam

Bandung,- InBewara,- Kodam III Siliwangi berkolaborasi dan bekerja sama dengan Disdik Kota Bandung dalam rangka memperluas Program Bela Negara di seluruh Sekolah Dasar (SD) di Kota Bandung.

Program ini merupakan langkah strategis dari pemerintah melalui TNI Angkatan Darat untuk mempersiapkan generasi mendatang dalam menghadapi tantangan global.

Kasdam III Siliwangi, Brigjen TNI Aminudin mengatakan, Program Bela Negara ini mencakup tiga komponen utama Gerakan Sekolah Sehat (sehat fisik, sehat psikis, dan sehat lingkungan).

SD 001 Merdeka Kota Bandung menjadi salah satu embrio dan pilot project sebelum diperluas ke SD lainnya.

“Ini adalah tindak lanjut dari kegiatan Bela Negara melalui gerakan sekolah sehat dan cerdas, sebagai bagian dari persiapan generasi emas 2024 yang akan datang,” kata Aminudin di sela- sela aktifitas dan kegiatan di SD 001 Merdeka, Bandung, Selasa (27/8/2024).

Pada kesempatan itu, para siswa juga diperkenalkan dengan unit filter air Nazava yang memungkinkan air dari sumur atau sumber lain bisa diminum langsung diminum tanpa efek samping.

Inisiatif ini tidak hanya mendukung upaya pelestarian lingkungan dengan mendorong siswa membawa wadah minum sendiri, tetapi juga meningkatkan efisiensi,  karena sekolah tidak lagi perlu membeli air kemasan.

“Program ini juga memperkuat program pemerintah, termasuk makan siang gratis untuk sekolah,” kata Aminudin.

Selain itu, Program Bela Negara yang berkolaborasi dengan Disdik Kota Bandung ini juga mencakup gerakan literasi menulis Al-Quran, sejalan dengan visi dan misi Kota Bandung yang agamis. Program ini juga mendukung pengembangan keterampilan akademis siswa, termasuk meningkatkan minat mereka terhadap matematika.

Program Bela Negara ini direncanakan akan diterapkan di sekitar 500 SD di Kota Bandung.

Kepala Bidang PPSD Disdik Kota Bandung, Bambang Ariyanto, menyatakan dukungannya terhadap program ini dan akan memfasilitasi sekolah dengan menyediakan unit filter air Nazava sesuai kebutuhan.

Kepala SD 001 Merdeka Susi Susilawati, mengungkapkan rasa syukurnya atas peluncuran Program Bela Negara yang diharapkan dapat berkontribusi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.

“Kami sangat mendukung program ini dan akan menganggarkan alat filter air untuk memenuhi kebutuhan air minum siswa,” ucap Susi.

**/(DIN)