Riyan Prasetyo Atlet Dayung Kota Cimahi Hattriks Raih 5 Emas pada PON XXI Aceh-Sumut 2024

Riyan Prasetyo menerima kalungan medali emas yang diperolehnya pada PON XXI 2024 di Aceh-Sumut, Minggu (22/9/2024). Foto : Dok/Riyan

Aceh, InBewara,- Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh- Sumut 2024 baru saja berakhir. Kontingen Jabar mampu mempertahankan dengan hattriks gelar juara umum untuk ketiga kalinya secara beruntun.

Persaingan PON Kali ini berjalan ketat hingga penentuan gelar juara umum pun terjadi menjelang upacara penutupan, setelah bersaing ketat dengan DKI Jakarta, Kontingen Jabar akhirnya mengunci juara umum setelah mengumpulkan 538 medali terdiri dari 195 emas, 161 perak dan 182 perunggu.

Dari 195 emas yang diperoleh kontingen Jabar, 26 keping emas disumbangkan cabor dayung yang kembali menjadi penyumbang medali emas terbanyak bagi Jabar disetiap pelaksanaan PON.² Pencapaian luar biasa sekaligus mengokohkan Dayung jabar sebagai yang Terbaik di tanah air.

Ryan Cimahi PON Aceh

Kegiatan dayung dilaksanakan waduk keliling Aceh.Minggu (22/9/20024).

Ketua Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB.PODSI), kota Cimahi, Olih Solihin mengatakan dengan 5 emas yang di raih atlet asal Kota Cimahi Riyan Praseyo di PON XXI Aceh Sumut 2024 sangat membanggakan masyarakat kota Cimahi dan terus upaya menjaga peningkatan kondisi ke tingkat yang lebih tinggi lagi.

Dikatakan Riyan adalah salah satu atlet dayung kota Cimahi yang mewakili tim Jabar di cabor Dayung pada PON XXI 2024

“PON ini salah satu ajang pencapaian puncak untuk setiap atlet di masing masing provinsi di Indonesia untuk bisa tampil maksimal dari semua kontingen tim PON XXI baik Jabar maupun provinsi lain,” katanya

Riyan mendapatkan 5 emas diantaranya di Nomor pertandingan
1.ROWING 8+ 2000M, TBR M 1000m, TBR M 500m , TBR M 200m dan TBR Mix 1000m,”ungkap Olih, ketika diwawancarai melalui whatsapp , Minggu (22/9/2024).

Oleh Karena itu,  Olih berharap, semoga dengan hasil itu, Riyan memiliki mentalitas pejuang untuk kesempatan memperkuat tim palatnas dan Sea games maupun Asean Gemas mendatang .

“Dengan prestasi hasil PON XXI 2024 ini dapat meningkatkan lagi kemampuannya, karena persaingan di Pelatnas maupun Sea Games nanti lebih ketat, dan sekaligus ajang seleksi masuk ke tim Dayung Nasional,” tegas Olih.

Sementara Riyan sendiri sebagai atlet kota Cimahi yang membawa harum nama daerah Cimahi Dan Provinsi Jabar sangat bangga atas keikutsertaan pada PON XXI 2024 Aceh -Sumut 2024 tersebut.

Riyan berterima kasih atas terpilihnya menjadi salah satu atlet kota Cimahi yang membawa nama Daerah dan Provinsi, pada PON XXI Aceh-Sumut 2024 kemarin, Oleh karena itu dirinya bersyukur atas perolehan dengan 5 emas.masing masing di nomor pertandingan
1.ROWING 8+ 2000M, TBR M 1000m, TBR M 500m , 4.TBR M 200m dan TBR Mix 1000m

“Alhamdulillah saya bersyukur sekali bisa diberikan kesempatan untuk bertanding di ajang PON untuk Jawa Barat. Saya sangat bangga sekali bisa berpartisipasi dalam tim dayung Jabar, dan tentunya atas pencapaian 5 emas yang telah diraih pada gelaran PON XXI 2024 Aceh – Sumut kemarin. Untuk kedepannya, saya akan tetap berlatih keras dan terus berjuang agar dapat meraih prestasi yg lebih tinggi lagi, tentunya dengan doa dan dukungan orang tua alhamdulillah saya bisa meraih pencapaian tertinggi di PON XXI, Target saya di PON mendapatkan 5 emas ini untuk masyarakat kota Cimahi khususnya dan Jawa Barat pada umumnya,’” ucap Riyan.

Riyan berharap kedepannya bisa lebih baik lagi untuk event-event yang akan datang.

‘Semoga setelah PON XXI 2024 ini usai saya bisa melanjutkan ke Pelatnas dan Sea Games untuk melanjutkan perjuangan menjadi atlet dayung yang berprestasi, ditingkat Internasional,” tegas Riyan ketika menyampaikan komunikasinya via Whatsapp, Mibggu (22/9/2024).

***(DIN)