Silaturahmi KONI Cimahi ke Cabor Aquatik dan Selam, Berikan Prestasi Terbaik untuk Kota Cimahi.

Ketua Selam Kota Cimahi, Dadan, Sekum KONI, Yayan M.Pd. dan Ketua III KONI Kota Cimahi, Richard Nikolas.S.E, dan jajarannya saat acara silaturahmi dan sharing informasi di Curug Senja Cimahi Kamis(24/09/2024). Foto: Didin Sjafruddin

Cimahi, InBewara, – Untuk meningkatkan prestasi atlet, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi  melakukan silaturahmi monitoring dan evaluasi (Monev) ke Cabor Akuatik dan dan Persatuan Olahraga Selam Seluruh Indonesia ( POSSI) Kota Cimahi, di Curug Senja, Kamis ( 26/09/2024)

Silaturahmi Monev tersebut dilakukan untuk melihat kesiapan para atlet Akuatik dan atlet Selam Kota Cimahi serta mempererat silaturahmi antara KONI dengan cabor Akuatik dan cabor Selam Kota Cimahi.

Sekretaris Umum KONI Kota Cimahi, Yayan, S.Pd, M.MPd, menyampaikan kunjungan dari KONI Kota Cimahi  tidak lain hanya untuk bersilaturahmi, membangun sinergitas antara pengcab Aquatik dan cabor Selam dibawah naungan POSSI, dengan masing masing induknya, yaitu menjawab satu pertanyaan dari pemerintah  terkait dengan cabang olah raga ini yang tercatat di Koni Cimahi sebanyak 56 Cabor, dan satu (1) lembaga Bapopsi apakah benar adanya, maka kami pastikan itu dengan kunjungan ke Aquatik dan ke Selam Kota Cimahi.

Sementara di cabor POSSi ini luar biasa  sekali dengan  keberadaan 6 club, lalu setelah kami cermati dari daftar masing masing club pelaku olah raga khusus Atletnya ternyata pelaku olahraga mumpuni sekali banyak memberikan prestasi sementara by name by address estimasi sudah disampaikan pada acara silaturahmi tersebut masuk ke KONI Cimahi.

“Kami menginformasikan bahwa pada tahun 2024 ini semua Cabor harus sudah melaksanakan seleksi,  dimana seleksi ini untuk menuju babak kualifikasi yaitu nanti di 2025,” katanya.

Pihaknya juga menjelaskan, usai diskusi tadi kami bersama pengcab ada satu kesepahaman bahwa nantinya dalam menyongsong persiapan kualifikasi semua harus clear. Harapan kami tentunya semua atlet siap dalam menghadapi kejuaraan apapun dan dapat medali di setiap cabang olah raga.

Ketua III KONI bidang anggaran Richard Niikolas Aplugi SE, menyampaikan terkait anggaran, apa yang diberikan kepada pelaku olahraga, apa yang dilakukan cabor, pengajuan dana operasional cabor (DOC) dan Dana operasional Prestasi (DOP), Dana even, silahkan ajukan proposal, tetmasuk item-item yang akan didanai oleh KONI.

Kebutuhan DOC antara lain kesekretariatan, rapat anggota, Biaya perjalanan, ada BK Ada Pelatcab ini kebutuhan yang diperlukan dari cabor
Sementara DOP meliputi Pelatcab, dan pelaksanaan BK, belum nanti penjelasan lengkapnya dari wakil ketua II, tentang pelatcab dan BK Porprov XV 2025 dimana BK tersebut akan dilaksanakan pada Juni/Juli.2025

“KONI mengerti tentang keinginan cabor, Aquatik dan Cabor Selam ( POSSI) kota Cimahi untuk berperan lebih luas bukan saja dari Sarana Prasarana dengan tujuan bisa ikut berkontribusi dalam menunjang peningkatan prestasi olahraga di kota Cimahi, agar semua yang terkait dapat memberikan kontribusi pada prestasi olahraga di kota Cimahi yang sama sama kita inginkan,” tegas Richard

Sementara Bidang Organisasi KONI, Dr. Bambang Suprihatin menyampaikan poin yang sangat baik untuk Cabor POSSI, yaitu perlunya penghargaan untuk cabor berprestasi di kota Cimahi atas capaian prestasi yg diraih, kemudian perlunya diselesaikan masa persiapan BK harus di Agendakan di 2024,” kata Bambang

” Bagaimana untuk mengatasi permasalahan yg akan dihadapi
dan fungsi KONI melakukan silaturahmi Monev, tidak lain untuk mengetahui bagaimana keadaan di lapangan agar kami memahami apa permasalahan dan kondisi yang dibutuhkan, juga banyaknya permasalahan yang berkaitan dengan kesulitan yang terjadi di Pengcab,” ungkapnya.

“Cabor POSSI Cimahi di 2024 sangat baik sekali sudah banyak memberikan prestasi bagi kota Cimahi,” kata Bambang.

Ketua Harian Aquatik, Sumpena menyampaikan keberadaan kepengurusan memang berjalan secara organisasi dengan lancar, aman dan baik

“Aquatik sudah mempersiapkan, 6 pelatih, atlet Senior dan junior sudah dipersiapkan diperkirakan ada 20 atlet,( 10 putra, 10 putri) tingkat lanjutan ada 10 (5 putra, 5 putri) dan pematangan hasil optimal untuk BK Porprov serta peningkatan pelatih bersertifikat dalam persiapan di bulan Desember insyaa Allah Atlet siap untuk di seleksi,” katanya

pihaknya usai koordinasi dengan KONI, tetap Aquatik memerlukan bantuan baik dari segi anggaran seperti DOC maupun DOP juga terkait sarana prasarana, seperti pakaian, tempat berlatih yang representatif untuk menunjang peningkatan prestasi,

Upaya KONI untuk cari Jalan keluarnya sangat ditunggu ,sementara Aquatik dari kepengurusan akan memberikan hasil seleksi kepada KONI dan beberapa atlet di Desember sudah dipersiapkan untuk ikut ambil bagian di BK Porprov 2025.

“Terima kasih upaya KONI kota Cimahi dalam menggali dan meningkatkan para atlet cabor Aquatik dan cabor lainnya Semoga Olahraga Cimahi semangat maju terus untuk meningkatkan prestasinya,” Kata Sumpena.

Sementara Ketua POSSI kota Cimahi, Dadan mengucapkan terimakasih atas  kunjungan KONI , karena hal ini yang kami tunggu-tunggu sebelumnya, tanpa pendampingan KONI tentunya kami tidak bisa berjalan dengan optimal,

Dikatakan Cabor Selam optimis dengan prestasi yang terus meningkat dari prestasi salah satu klub kota Cimahi menjuarai juara umum pada event nasional di Palembang Juni 2024, bahkan sebelumnya banyak prestasi yang sudah di dapat diantaranya ,kejuaraan antar club di Bogor Mei 2024.

“Semoga kedepannya KONI lakukan pendampingan lebih sering lagi agar POSSI Cimahi ini jadi kebanggaan masyarakat Cimahi dengan memberikan sumbangsih prestasi secara optimal. Kami juga menunggu pendampingan KONI khususnya terkait prestasi para atlet dan Untuk babak kualifikasi (BK) sebenarnya kita sudah punya banyak atlet .Insya Allah POSSI sudah menyiapkan, 6 pelatih 20 atlet ( 10 putra, 10 putri) dan nomor yang akan diikuti 32 nomor pertandingan, dengan 100 persen sudah terpilih sesuai by name by Adress,” ungkapnya.

“Seleksi Cabor Selam di bulan Desember sudah sesuai dan sejalan dengan harapan KONI Kota Cimahi, sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk kota Cimahi dengan harapan di BK porprov 2025 bisa meloloskan atlet binaannya untuk meraih medali terutama target 4 medali emas dan lolos BK semua nomor” kata Dadan yang sering dipanggil Abah.

Dikatakan POSSI kota Cimahi selalu koordinasi dan bekerjasama dengan club- clubnya maupun unsur terkait sehingga kita bisa berkolaborasi, bahkan kalau mengikuti seluruh jumlah nomor pertandingan jumlah perolehan medali akan lebih banyak diperolehnya sehingga mereka bisa memberikan sumbangsih prestasi olahraga Selam bagi masyarakat Cimahi,” tegas Dadan ***(DIN).