DPRD Dukung Penuh KONI Cimahi, Berikan Rekomendasi Terkait Dana Hibah Oahraga Prestasi di 2025

Ketua DPRD Kota Cimahi, Wahyu Widyatmoko, SH dan Ketua Komisi IV, Hj.Ike Hikmawati S.S., M.Pd dan anggota lainnya menerima Ketua KONI Kota Cimahi, Aris Permono S.Sos., M.Si dan jajarannya di ruang Audiensi DPRD Kota Cimahi Jln. KH.Djulaeha No 5, Cimahi, Kamis (10/10/2024)

Cimahi,- InBewara, – Ketua DPRD Kota Cimahi, Wahyu Widyatmoko, SH menerima audiensi KONI kota Cimahi dan jajaranya terkait dana hibah KONI Cimahi untuk persiapan Babak Kualifikasi Porprov 2025 di ruang Audiensi DPRD Kota Cimahi Jln. KH.Djulaeha No 5, Cimahi Rabu (9/10/2024)

Hadir dalam silaturahmi dan sharing informasi tersebut Ketua DPRD Kota Cimahi, Wahyu Widyatmoko, SH , Ketua Komisi IV, Hj.Ike Hikmawati S.S., M.Pd, Sekretaris, Iwan Setiawan, dan para anggota Komisi IV, Setyady Abdul Rachman SE, Dra. Aida Candrawati Conda, dan Lilis Yusniawati.

Sementara itu dari KONI Kota Cimahi, hadir Ketua KONI, Aris Permono S.Sos., M.Si., Ketua Harian , Prof.Dr. Achmad Syobarna, M.Pd., Wakil Ketua I Achmad Gunawan SH., MH.,Wakil ketua II, Dr.Roni.M Rizal, wakil ketua III Richard Nikolas, SE., Badan internal Audit. Muhammad Yani , Dr. Chaerul Syobar, bidang Humas dan Media serta pengurus terkait lainnya.

Ketua DPRD Kota Cimahi, Wahyu Widyatmoko, SH, yang disampaikan Ketua Komisi IV, Hj. Ike Hikmawati S.S., M.Pd mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturahmi terkait ekspose program kerja KONI kota Cimahi yang akan menghadapi BK Porprov dan ajang multi even 4 tahunan Jawa Barat 2025 .

“Diharapkan KONI memberikan prestasi yang membanggakan bagi daerahnya berkaitan kebutuhan anggaran dengan berbagai permasalahan yang dihadapi yang sesuai target, DPRD akan mengawal dan mengamati mulai persiapan sampai pelaksanaan BK Porprov XV bahkan hingga PON kedepan, karena inilah motivasi warga kota Cimahi. Kota Cimahi harus berjaya dalam segala bidang termasuk olahraganya,” Tegas Ike

Sementara Ketua KONI Kota Cimahi, H.Aris Permono M.Si, mengatakan audiensi dilakukan karena adanya Kebutuhan KONI untuk menghadapi Babak Kualifikasi( BK) Porprov XV 2025 yang memerlukan peningkatan anggaran dari tahun ke tahun, karena ada momen, Jadi jelas tidak bisa dihindari, karena sudah ada beberapa cabor yang sudah melakukan seleksi menghadapi BK.

“Peningkatan jumlah cabor dari 49 cabor di 2022 pada saat Porprov XIV maka saat ini di KONI Kota Cimahi menaungi 56 cabor dan 1 lembaga Bapopsi , jadi ada peningkatan 7 cabor, diperkirakan ada 1316 pelaku olahraga yang akan tampil di Bk Porprov 2025, ” kata Aris.

Kalau secara proporsional, lanjut Aris. Sebenarnya anggaran dana hibah tersebut tidak sepadan kenyataan secara nyata dengan kebutuhan dan beban target yang dibebankan kepada KONI Kota Cimahi.

Namun demikian, Aris mengaku optimis jika ekpose program kerja KONI kota Cimahi 2025 anggaran yang dibutuhkan bisa sesuai target dan harapan terealisasi tepat waktu.

Pihaknya mampu mewujudkan prestasi yang diharapkan pemerintah kota Cimahi.

“Alhamdulillah KONI dapat predikat terbaik, ini prestasi luar biasa karena cimahi mampu bersaing dengan KONI daerah lain di Jawa Barat, tidak berhenti disitu saja, karena Cimahi mampu mendapatkan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Semua prestasi yang didapat itu hasil ,kerjasama semua pengurus (Tim) karena itu menjadi tanggung jawab bersama,”ungkap Aris.

Alhamdulillah DPRD telan memberikan dukungan pada silaturahmi dan ekspose Program kerja KONi Kota Cimahi 2025 yang baik ini terutama setelah KONI menyampaikan secara progresif dan akuntable di ruang audiensi DPRD kota Cimahi.Itu luar biasa karena KONI harus terus maju, karena dalam anggaran pun sudah jelas, sehingga KONI terdorong untuk terus berjuang untuk maju,-

Wakil ketua II, Dr.Roni.M Rizal, menyampaikan visinya terkait ekspose progran kerja KONI Kota Cimahi 2025 yaitu “Cimahi Campernik” yaitu Kota Maju, Unggul dan berkelanjutan untuk pembangunan 20 tahun kedepan,

Dulu,ada 36 cabor, BK Porprov (PORDA) 2018. Pemkot Kota Cimahi turunkan anggaran, 10,6 Miliar dengan hasil 10 emas, sekarang (2022) dikasih 7,150 Miliar dengan 49 cabor bisa apa , kalau tidak tekad yang kuat dan kebersamaan pengurus

Untuk diketahui prestasi olahraga Cimahi frekwensi hasil perolehan medali di 2014, meraih 32 mendali (4 emas, 9 perak, 19 perunggu) 2018 meraih 55 mendali (10 emas, 10 perak, 35 perunggu ) jumlah atlet 324 dan 36 cabor, 2022 meraih 72 medali (15 emas, 25 perak, 32 perunggu) jumlah atlet 355 dan 33 cabor. di 2025 insyaa Allah pasti meningkat.

Sementara kontribusi Atlet dan pelatih kota Cimahi di Kontingen Jabar PON XX Papua 2021 mengirimkan 7 atlet dari 5 cabor dan 4 pelatih dari 4 cabor dan PON XXI Aceh Sumut 2024 mengirimkan 18 Atlet, 13 cabor dan 6 pelatih dari 5 cabor,

Dikatakan KONI Kota Cimahi di 2025 pada Babak Kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat XV 2025 akan mengirimkan 1000 atlet, 140 pelatih,114 official dan 62 Manager dari jumlah 56 cabor dengan harapan 50 % cabor bisa lolos.

“Oleh karena itu kebutuhan anggaran yang diperlukan KONI untuk dana pembinaan cabang olahraga, test kondisi fisik dan Psikologi, dana pendampingan prestasi atlet ( insus), peningkatan kompetensi pelatih cabang olahraga mental, gizi dan fisik, pemusatan latihan cabor (56 cabor) dan pemetaan data atlet, ini sudah menjadi kajian yang wajib dilaksanakan,” Ungkap Roni.

Pihaknya berharap prestasi olahraga yang dilaksanakan mendukung visi campernik untuk mewujudkan SDM Unggul. Peningkatan prestasi Olahraga menjadi tanggung jawab seluruh stakeholder mulai dari pemkot, lembaga eksekutif, Legeslative organisasi olahraga dan pengurus cabang olahraga.

Anggaran BK Porprov 2021, KONI Cimahi mendapat hibah 7,150 Miliar dan berhasil meraih prestasi sebanyak 25 % cabang olahraga lolos dan 29 atlet serta 26 pelatih meraih emas. di 2022 total anggaran 12.5 Miliar berhasil meningkat jumlah raihan medali sebesar 32 % dari raihan mendali pada event Porprov 2018 dengan jumlah Raihan 72 mendali ( 25 emas, 25 perak dan 32 perunggu) .

Jumlah Kontingen BK Porprov 2025 dari 56 cabor (1000 atlet, 140 pelatih, 114 Official dan 62 Manager dari jumlah 56 cabor dengan target capaian 50 % cabang olahraga lolos BK dengan total anggaran yang diajukan wakil ketua III KONI Richard Aplugi bidang anggaran sebesar 25,9 M bisa terakomodir dan terealisasi ,” tegas Roni.

+++(DIN)