Test Fisik Tahap 2 Kontingen Pelatda Porprov XIV Cimahi Gencar Diikuti, Kontingen Optimis Raih Prestasi

Para atlet peserta tes tahap 2 sedang di uji lari 20 m di Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Jln Permana 32 B Citeureup Cimahi Utara , Rabu ( 30/8/2022).Foto : Didin Sjafruddin.

InBewara, Cimahi – Sebanyak 206 atlet dari 26 cabor kontingen tim pelatda Porprov XIV 2022 Kota Cimahi melaksanakan aktifitas tes fisik dan kebugaran pada tahap ke 2, sisanya sebanyak 134 atlet dari 6 cabor dan sebagian para atlet dari cabor yang tidak hadir dalam waktu dekat akan dituntaskan secepatnya sesuai program yang di rencanakan.

Kegiatan tes fisik tahap 2 ini berlangsung di Kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Jln Permana 32 B Citeureup Cimahi Utara, Rabu (30/8/2022).

Ketua pelaksana, Achmad Olih Solihin mengatakan bahwa “Pelaksanaan tes tahap 2 ini dilaksanakan di ruang tertutup dibagi tiga ruangan dengan masing masing penguji, dimana tempat pertama di
gedung depan untuk registrasi, dan materi Seat and Reach, kemudian di bawah dilaksanakan materi, push up, sit up, back up, up half, vertical jump, sprin 20 m, yoyo tes, kemudian di ruang Atas, diberikan materi Shelte run, bol medicine”.

Dikatakan juga “Selain jenis materi yang diberikan yang lebih utama dari tes tahap 2 ini tujuannya adalah untuk mengetahui dan mengukur peningkatan kondisi kebugaran para atlet, kemudian untuk mengetahui kemajuan latihannya selama 2 bulan setelah tes pertama pada pengukuhan kontingen , dan yang lebih penting lagi adalah sebagai bahan evaluasi program latihan yang sudah diberikan, apakah ada kemajuan dalam peningkatan latihannya” ungkap Olih.

“Dalam pemberian materi tes fisik juga diberikan materi tes dalam kondisi khusus yang spesifik seperti, cabang olahraga (Cabor) binaraga, dayung, panahan dan cabor lainnya yang memerlukan latihan khusus.” ucap Olih yang juga Dosen di STKIP.

Sementara Ketua II KONI Kota Cimahi Roni Muhammad Rizal yang langsung membidangi pembinaan dan Prestasi mengatakan bahwa “Tes fisik yang ke 2 ini untuk melihat perkembangan kondisi fisik atlet selama Pelatda PORPROV XIV 2022. Karena fisik merupakan salah faktor penentu performa atlet dalam meraih medali.” kata Roni.

Oleh karena itu pihaknya mendorong kepada semua atlet peserta kontingen Pelatda Porprov XIV 2022 kota Cimahi memberikan semangat dan mendukung agar program yang sudah diberikan dan capaian hasil dalam pelaksanaan Porprov nanti berhasil sukses bahkan bisa melebihi target yang diberikan pemerintah Kota ( Pemkot ) dan masyarakat Cimahi,

Ketua I KONI Kota Cimahi, Dedi Kuswandi mengatakan bahwa,
“Tes fisik tahap ke dua untuk semua atlet diharapkan dapat mengetahui perkembangan kondisi ketahanan fisik para atlet setelah melakukan proses penggemblengan selama pelat da kurun waktu Mei-Agustus, ” kata Dedi.

“Tentunya kami berharap ada perkembangan yang meningkat di bandingkan ketika tes fisik tahap pertama. Peningkatan ketahanan fisik tersebut bisa dijadikan salah satu indikator atas targetan yg di harapkan,” ungkapnya

“Fisik yang kuat, stabil akan membangun mentalitas atlet menjadi pemenang dan juga sekaligus akan menjatuhkan mentalitas lawan ketika bertanding, tentunya harus juga dibarengi kemampuan kemampuan teknis lain serta faktor psikologis. Kita menghadapi Porprov hanya tinggal dua bulan, bahkan untuk cabor tertentu tinggal beberapa minggu saja, artinya kesiapan semua atlet dan pelatih benar benar harus terukur, dan teruji untuk siap bertanding dan menjadi pemenang,” ungkapnya.

“Oleh karenanya kita semua harus konsisten terhadap komitmen, disiplin, semangat dan fokus untuk pancapaian tujuan dengan tage line ‘CIMAHI JUARAAA… HEU EUH…!!!,” tegas Dedi

Salah seorang atlet dari cabor senam, Wira menyampaikan pendapar bahwa “Tes hari ini bisa meningkatkan kebugaran dan perkembangan latihan yang sudah diprogramkan, dan ingin melihat dan mengetahui hasil tahapan tes tahap I dan pengembangan di tes tahan ke 2, apakah meniggkat atau sebaliknya menurun,” kata Wira ***(DIN)