Dr.Dudung Abdurachman Jendral TNI, Resmikan Pussenarhanud Sport Center Cimahi, Walikota Cimahi Apresiasi

Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Jendral TNI, Dr. Dudung Abdulrachman, menandatangani prasanti Pussenarhanud Sport Center Cimahi (PSCC) di lapang Mapussenarhanud Jln.Sriwidjaya No 1 Cimahi, Jumat (9/9/2022). foto Didin Sjafruddin

InBewara, Cimahi – Kepala Staf TNI Angkatan Darat, Dr. Dudung Abdurachman Jendral TNI, didampingi Komandan Pusat Kesenjataan Artileri Pertahanan Udara (Pussenarhanud) Kodiklatad, Karev Marpaung, Pangdam III/Siliwangi, Mayjen Kunto Arief Wibowo dan Walikota Cimahi, Ngatiyana menandatangani prasasti tanda diresmikannya Pussenarhanud Sport Center Cimahi ( PSCC) di Mapussenarhanud Jln.Sriwidjaya No 1 Cimahi, Selasa (9/9/2022).

Kepala Staf Angkatan Darat, Dr. Dudung Abdurachman Jendral TNI mengatakan bahwa beliau merasa bangga dan mengapresiasi yang setinggi tingginya kepada Danpussenarhanud beserta jajarannya atas segala usaha dan upaya untuk mewujudkan fasilitas olahraga modern dan representatif yang terwadahi dalam sebuah pusat kegiatan olahraga (Sport Center).

Hal ini selaras dengan julukan kota Cimahi identik sebagai kota Militer, karena di kota ini terdapat banyak pusat pendidikan dan markas militer yang didukung berbagai fasilitas utama pendidikan dan latihan yang terbaik serta fasilitas penunjang, seperti fasilitas olahraga dan rekreasi.

Oleh karena itu, Penyediaan fasilitas olahraga ini dapat dimanfaatkan, dikembangkan dan di integrasikan antara olahraga dan rekreasi sebagai Sport Tourism.

“Penyiapan fasilitas olahraga yang terintegrasi dalam satu Sport Center ini, merupakan wujud nyata dari komitmen TNI AD dalam perannya untuk hadir berkontribusi dan memberi solusi di tengah tengah masyarakat dalam hal apapun, termasuk penyiapan fasilitas olahraga sekaligus pariwisata,” kata Dudung.

“Fasilitas olahraga yang tersedia digunakan untuk pembinaan terhadap potensi yang dimiliki warga masyarakat untuk melahirkan atlet yang berprestasi,” ungkapnya

“Pussenarhanud tentunya bisa berhasil karena sinergitas yang dilakukan bersama pemerintah Kota Cimahi, KONI Kota Cimahi, Kadisbudparpora dan semua pihak yang terkait, sehingga bisa mewujudkan pussenarhanud Sport Center Cimahi sebagai kawasan yang mampu melahirkan olahraga berprestasi,” tegas Jendral bintang empat ini.

Sementara Komandan Pussenarhanud, Karev Marpaung menegaskan bahwa “Peresmian Pussenarhanud Sport Center Cimahi sebagai sarana prasarana untuk menyediakan sarana olahraga dan kebugaran bagi warga pussenarhanud dan warga kota Cimahi.” kata Karev

Pussenarhanud Sport Center Cimahi dilengkapi dengan berbagai macam peralatan dan fasilitas untuk meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh, gaya hidup (lifestyle) dan kualitas hidup (performance) sehari hari dalam penerapan pola hidup sehat dan berolahraga, baik jasmani dan rohani sehingga bisa mampu bertahan dalam situasi apapun.

“Saya merasa terpanggil untuk memberikan kontribusi nyata dan kemampuan sarana prasara yang dimiliki dan punya niat tulus kepada semua pihak yang berkepentingan dalam peresmian Pussenarhanud Sport Center Cimahi dengan harapan bisa memacu perkumpulan semua cabang olahraga yang ada baik di Cimahi, maupun Jawa Barat,” Kata Karev.

Ia menyebutkan Fasilitas olahraga yang sudah ada di Pussenarhanud Kodiklat TNI-AD, diantaranya Lapangan Sepakbola, Tri Naggala Yudha, lapangan Futsal, Lapangan Tennis, Tennis Meja, Bola Voli, Lapangan bulutangkis, Lapangan Tembak pistol dan Air Soft Gun dan Panahan, Jogging Track serta Calisthenic Workout Equipment serta yang lainnya yang diharapkan dapat dimanfaatkan masyarakat.

“Alhamdulillah berkat kerjasama dengan pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi, KONI, Kadisbudparpora dan unsur terkait untuk mewujudkan Cimahi Sport Center yang dapat menjadi salah satu Ikon Kota Wisata Militer sebagai kawasan olahraga. Kami membuka pintu selebar lebarnya bagi siapa saja, apalagi masyarakat sekitar yang ingin mempergunakan fasilitas olahraga, bisa langsung datang dan silahkan pergunakan sebaik baiknya,” kata jendral berbintang dua tersebut.

Peresmian Pussenarhanud Sport Center ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap pemerintah dalam pengembangan bidang olahraga.

Beliau mengajak kepada semua yang berkepentingan, mari bersama sama memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat sehingga terwujud pola hidup sehat, ingat ‘Mensana in corporesano’ yaitu dalam badan yang sehat terdapat jiwa yang kuat,” Tegas Karev.

Para undangan yang hadir langsung meninjau lokasi, di Lapangan Tembak pistol , lapang tenis meja langsung bermain tenis meja melawan atlet pelatda kota Cimahi dan melakukan pertandingan eksebishi di lapangan Bulutangkis, serta hadir para mantan pemain nasional Ivana lie, Sigit dan Marlev Mainaki ***(DIN)