Riyan Prasetyo Atlet Dayung Kota Cimahi Hatrik Raih 6 Emas pada Kejurnas Dayung 2023, Kualifikasi PON XXI

Riyan Prasetyo perlihatkan medali yang diperoleh pada Kejurnas Dayung Kualifikasi PON XXI 2023 di Cipule Karawang, Jabar, pada (17/11/2023) hingga .Jumat, (1/12/2022). Foto : Olih Solihin.

Karawang, InBewara,- Pengurus Besar Persatuan Dayung Seluruh Indonesia (PB.PODSI), menggelar kejuaraan Nasional ( Kejurnas) Dayung 2023 sebagai Kualifikasi PON XXI Aceh Sumut 2024 di Cipule Karawang, Jabar, pada Jumat, (17/11/2023) hingga .Jumat, (1/12/2022).

Berdasarkan keterangan tertulis dan undangan yang diterima dari PB PODSI Kejurnas Dayung 2023 ini diikuti kurang lebih
908 Atlet (217 Atlet nomor Rowing, 271 atlet Nomor Canoeing dan 420 atlet nomor Dragon Boat/Tradisional Boat Race) dari 24 provinsi di Indonesia , dan nomor nomor perlombaan yang dipertandingkan yaitu, Canoeing, (6 nomor pertandingan putra dan putri),Tradisional Boat Race (TBR), (3 nomor pertandingan 10 Seater 200m, 500m, 1000m dan 20 Seater Mix) serta nomor Rowing ( 8 nomor pertandingan putra dan 7 nomor pertandingan putri).

Kejuaraan Nasional Dayung Kualifikasi PON XXI Aceh Sumut 2024 di Cipule Karawang, Jabar untuk memperebutkan 108 medali terdiri dari (36 emas , 36 Perak dan 36 perunggu) dari 3 nomor pertandingan Canoeing, Tradisional Boat Race ( BTR) dan Rowing.

Kejurnas tersebut juga merupakan salah salah satu pembentukan tim Dayung PON XXI Jabar 2024 yang akan berlangsung di Aceh dan Sumatra Utara.Tidak hanya itu, Kejurnas Dayung 2023 juga merupakan bagian dari proses evaluasi dan pembinaan olahraga dayung di tingkat Provinsi juga menjadi bahan pertimbangan bagi PODSI untuk menentukan kontingen Provinsi mana saja yang berhak lolos dan berlaga pada PON Aceh Sumut 2024 sesuai ketentuan panitia besar PON ke XXI.

Riyan adalah salah satu atlet dayung kota Cimahi yang mewakili tim Jabar di Kejurnas Dayung 2023, atlet yang mewakili diajang itu adalah atlet yang meraih juara 1 sampai 3 dinomor kayak individu di Porprov Jabar 2022, dan Riyan pada saat itu meraih perak.

Menurut Ketua PODSI Kota Cimahi Olih Solihin, Kejurnas ini salah satu ajang seleksi untuk pembentukan tim.

“Kejurnas ini salah satu ajang seleksi untuk pembentukan tim. sekaligus seleksi untuk tim PON Jabar nanti di Aceh dan Sumatera Utara .mendatang. Pada kejurnas yang baru diikuti tersebut, Alhamdulillah Riyan mendapatkan 6 emas dan diantaranya di Tradisional Boat Race (TBR) di Nomor pertandingan, DBR M 1000m, DBR M 500m, DBR M 200m, DBR Mix 1000m, DBR Mix 500m, dan DBR Mix 200m,”ungkap Olih, ketika diwawancarai melalui whatsapp , Kamis (23/12/2023).

Oleh Karena itu , Olih berharap, semoga dengan hasil itu, Riyan memiliki kesempatan untuk memperkuat tim PON XXI Jabar 2024 nanti di Aceh.

“Dengan prestasi hasil babak kualifikasi ini dapat meningkatkan lagi kemampuannya, karena persaingan di PON XXI nanti lebih ketat, dan sekaligus ajang seleksi masuk ke tim Dayung Nasional,” tegas Olih.

Sementara Riyan sendiri sebagai atlet kota Cimahi yang membawa harum nama daerah Cimahi Dan Provinsi Jabar sangat bangga atas keikutsertaan pada kejurnas tersebut.

Riyan erima kasih atas terpilihnya menjadi salah satu atlet kota Cimahi yang membawa nama Daerah dan Provinsi, pada kejurnas kemarin, Oleh karena itu dirinya bersyukur atas perolehan dengan 6 emas.

“Alhamdulillah saya bersyukur sekali bisa diberikan kesempatan untuk bertanding di ajang Kejurnas Dayung Kualifikasi PON untuk Jawa Barat. Saya sangat bangga sekali bisa berpartisipasi dalam tim dayung Jabar, dan tentunya atas pencapaian 6 emas yg telah diraih pada gelaran kualifikasi PON kemarin. Untuk kedepannya, saya akan tetap berlatih keras dan terus berjuang agar dapat meraih prestasi yg lebih tinggi lagi, tentunya dengan doa dan dukungan org tua InsyaAllah saya bisa meraih pencapaian tertinggi di PON XXI nanti. Target saya di PON tentunya mendapatkan emas yg lebih banyak lagi untuk kota Cimahi khususnya dan jawa barat pada umumnya,’ ungkap Riyan.

Riyan berharap kedepannya bisa lebih baik lagi untuk event-event yang akan datang.

‘Semoga setelah kerjunas ini saya bisa melanjutkan ke pelatda dan Pelatnas baik PON XXI maupun Sea Games untuk melanjutkan perjuangan menjadi atlet dayung yang berprestasi,” tegas Riyan saat menyampaikan komunikasinya via Whatsapp, Jumat, (22/12/2023).

***(DIN)