Agenda KONI Kota Cimahi 2024 , Optimalisasi Anggaran Hibah untuk Cabor

Ketua umum KONi Kota Cimahi, Aris Permono (tengah) didampingi wakil ketua I, Achmad Gunawan (kiri) dan Ketua Harian, Achmad Sobarna pada rapat pengurus di Sekretariat KONI Kota Cimahi Jln. Encep Kartawiria Citeureup, Kota Cimahi, Rabu (10/1/2024).  foto: Didin Sjafruddin

Cimahi, InBewara,- Ketua KONi Kota Cimahi periode 2023-2027, Aris Permono bersama Wakil Ketua KONII, Achmad Gunawan yang membidangi Organisasi, Bidang Hukum dan Bidang Media melaksanakan rapat pengurus untuk kali pertama di 2024.

Kegiatan tersebut membahas tentang penataan organisasi, program penataan tupoksi, bedah kebijakan/Yurisprudensi KONI, dan rencana Penyusunan realisasi anggaran DOC, yang dilaksanakan di Sekretariat KONI Kota Cimahi Jln. Encep Kartawiria Citeureup, Kota Cimahi, Rabu (10/1/2024).

Sekum KONI, Yayan menyampaikan selain silaturahmi di jajaran Wakil ketua I dan bidangnya juga terkait usulan hibah anggaran 2024 yang akan diterima KONI dan cabang olahraga.

“Anggaran yang diterima dioptimalkan sehingga capaian yang kita upayakan menjadi maksimal.Adapun, persoalan anggaran yang diterima walaupun tidak sesuai harapan, formulasi yang dibutuhkan insyaa Allah dilaksanakan dengan baik,” ungkapnya.

Ketua KONI Kota Cimahi Aris Permono, mengucapkan terima kasih atas upaya dan kerjasamanya kepada Ketua KONI I, Achmad Gunawan yang membidangi Organisasi, Bidang Hukum dan Bidang Media, terutama
koordinasi dan komunikasi yang terus berkesinambungan sehingga menghasilkan target yang diharapkan.

Namun KONI memiliki kesulitan di 2024 terkait anggaran hibah yang kecil, karena Pemerintah sedang konsentrasi kepada pemilu 2024, juga Dana Operasional Cabor ( DOC) akan diberikan sama besar untuk semua cabor sesuai ketentuan yang di data Wakil Ketua I, juga DOP akan diberikan besarannya bervariasi sesuai kriteria yang ditetapkan di bidang Wakil Ketua II bidang Pembinaan dan Prestasi (Binpres).

KONI berupaya untuk bisa menemui kepala BJB Cimahi dan Apindo dalam upaya mendapatkan bapak angkat untuk cabor cabor yang memungkinkan untuk bisa dibuat kerjasamanya atau bisa diikat dalam bentuk MoU, karena selama ini dengan pusdik2, sementara instansi lain seperti kejaksaan sudah berjalan dalam bentuk perjanjian kerjasama, sehingga bidang organisasi dapat membantu demi kelancaran kerjasama KONI baik dengan BJB, maupun dengan Apindo ,

Ketua Harian KONI, Achmad Sobarna menyampaikan bahwa KONI Kota Cimahi , kedatangan tim monitoring dan evaluasi (Monev) Disbudparpora terkait anggaran 2023 dan laporan KONI kota Cimahi 2023 telah selesai dan sudah dilaporkan ke Disbudparpora,

Roadmap 2024 adalah pemeliharaan atlet dan persiapan pelaksanaan seleksi untuk menuju babak kualifikasi ( BK) 2025, namun KONI masih kesulitan dalam pendataan atlet by name seluruh cabor bukan hanya yang berprestasi walaupun KONI sudah mempunyai Portal data atlet, tetapi banyak yang tidak terisi.

“Penertiban cabor sesuai aturan tetapi sesuai proporsional, artinya cabor adalah mitra utama KONI yang harus dilayani dan dibimbing agar organisasi berjalan dengan baik, sehingga KONI harus berhati hati terhadap penyerahan DOC kepada cabor agar tidak menuai dan kecemburuan antar cabor,” katanya.

Sementara Wakil Ketua I KONI, Achmad Gunawan menyampaikan bagaimana membentuk KONI yang lebih baik dari KONI periode sebelumnya, kita semua yang ada dibawah Wakil ketua I adalah membantu Ketua umum KONI untuk lebih baik lagi dalam persiapan kedepan dengan meningkatkan prestasi dan tertib administrasi,

Pihaknya siap melaksanakan program terutama yang akan menyesuaikan dengan proporsi anggaran Hibah KONI 2024 yang akan diterima, terutama di 2024 ini ada sekitar 23 cabor yang SK kepengurusannya akan berakhir, seperti cabor Balap Sepeda, Basket, Billiar, Binaraga, Dansa, E- Sport, Futsal, Gantole, Gateball, Golf, Hockey, Karate, Kempo, Layar, Petanque, Rugbi, Sepatu Roda, Squash, Taekwondo, Tenis Lapang, Tenis Meja, Woodball dan Kick Boxing.

Bidang Organisasi akan melanjutkan program di 2023 terkait tertib organisasi, seperti Pendataan Sekretariat, Klub, jumlah atlet dan pelatih dari masing masing cabor .

Sementara Bagian Hukum akan mengadakan Joint Visit ke para cabor sesuai data dari Sekum, selain itu bisa memanfaatkan dengan pihak pengusaha yang bisa memberikan Corporate Social Responsibility (CSR) yang 2 % yang bisa diberikan kepada masyarakat bisa di optimalkan , hal ini bisa ditindaklanjuti olek Ketua Umum KONi, ketua Harian , Sekum dan wakil ketua , tidak harus melibatkan cabor, terutama bila terjadinya pelanggaran.

Begitu juga termasuk semua Pusdik pusdik berharap bisa bekerjasama asal ada rekomendasi dari Pangdam maupun Kasdam.

Di bidang Media diperlukan peningkatan sinergitas terkait adanya ucapan yang berkaitan hari besar atau HUT RI kota Cimahi, di media elektronik dan cetak, sehingga bisa terjadi interaksi yang menghasilkan suatu keseimbangan yang harmonis sehingga bisa menghasilkan sesuatu yang optimal.

***(DIN)