Thailand dan Malaysia ikut Turnamen Petanque Open Kabuci Series IV Yang di Gelar FOPI Kota Cimahi

Ketua Pengcab Fopi, Cabang Olahraga Petangue Kota Cimahi, Dedi Kuswandi mengalungkan medali kepada juara I, 2 dan 3 atlit Pentangue dari negara Thailand. foto :Dok/Dedi. K

Cimahi InBewara,-– Pengurus Cabang Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) menggelar pertandingan Even Open Turnamen Kabuci Series IV, di lapangan Petanque Kabuci jl. Kolonel masturi km 3 Cimahi , yang dimulai Jum’at (12/1/ 2024), hingga Minggu (14/1/2024).

Pertandingan Even Open Turnamen Kabuci Series IV diikuti seluruhnya 126 tim double dan Triple Open sebanyak 82 Tim dari berbagai daerah di indonesia dan dari tiga Negara, yaitu Indonesia, Malaysia dan Thailand . Dari Indonesia diwakili dari Jabar, Jatim Jateng, Banten, Jogja, Bali, Jambi, dari seluruh Pengcab, Perguruan Tinggi, dan Sekolah-sekolah.

Turnamen Kabuci tersebut dihadiri oleh ketua PB FOPI, ketua Umum Pengprov FOPI Jabar , para Ketua Pengkab / Pengkot Fopi se Jawa barat , dan Kadisbudparpora serta tamu undangan lainnya, dan sekaligus kejuaraan tersebut di buka PJ. Walikota Cimahi Dicky Saromi, yang diwakili Asisten I Bagian Pemerintahan dan Kesra, Yanuar Taufik.

Ketua Cabang Olahraga Petanque Kota Cimahi, Dedi Kuswandi menjelaskan, bahwa Cabor Petanque yang merupakan salah satu anggota Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi pada pertandingan Even Open Turnamen Kabuci Series ini tidak lain untuk lebih memperkenalkan cabor Petanque dikalangan masyarakat khususnya kota Cimahi , jabar umumnya maupun di event Internasional,” kata Dedi.

Dikatakan Event Open Turnamen Kabuci Series IV adalah merupakan event rutin atau reguler yang dilakukan oleh FOPI Petanque kota Cimahi.

“Seharusnya acara ini dilaksanakan di Kabuci, namun karena lapangan Kabuci terkena banjir bandang yang memporak porandakan seluruh sarana dan prasarana yang sudah dipersiapkan pada Minggu yang lalu, tepatnya lima hari sebelum pelaksanaan maka acara tersebut dipindahkan ke lapangan tembak Valedrom. pada Sabtu(6/1/2024),” ungkap Dedi

“Alhamdulillah mendapatkan ijin dilahan parkir Velodrome dari Dispora Jawa Barat, jadi kegiatan ini sebenarnya kegiatan alihan dari Kabuci,” katanya

Dirinya mengapresiasi atas dibukanya Open Turnamen Kabuci Series IV ini oleh Pemerintahan Kota Cimahi atas perhatian terhadap Olahraga Petanque  di Kota Cimahi.

Begitu pula kesiapan Cabang Olahraga Petanque dari Cimahi siap untuk mengikuti kejuaraan tersebut termasuk untuk PON 2024.

“Mudah-mudahan pengelolaan Cabor    Petanque di Provinsi Jawa Barat dapat lebih maksimal, karena saya melihat pelatda-pelatda di provinsi yang lain lebih intens terlatih, dan perhatian penuh kepada para atlitnya,” tegas Dedi.

Pihaknya berharap target para atlit dari Petanque di Jawa Barat harus dapat medali emas pada PON mendatang dengan perolehan medali emas semaksimal mungkin. Mengucapkan terimakasih kepada Ketua Umum PB FOPI, dan Ketua Umum FOPI Jawa Barat serta pengurus Petanque dari Kabupaten dan Kota se Jawa Barat.

Pihaknya harus mengakui bahwa Cabor Petanque Kota Cimahi harus lebih banyak belajar, karena yang menjadi juara double Mix di menangkan dari negara Thailand kemudian Jawa Timur.

“Sedangkan juara Petangue Triple juara ke I, dan ke 2, juga dimenangkan oleh Thailand, sedangkan juara ketiganya yaitu katagori Triple dimenangkan oleh Jambi dan Salatiga,” kata Dedi.

Pelatih Petanque Jawa Timur, Robby Aufar Rizki sangat mengapresiasi kegiatan Petangue oleh Pengurus Cabang (Pengcab) Kota Cimahi, sehingga kejuaraan ini berjalan dengan kondusif, aman dan tertib dalam penilaiannya secara konsekwen.

Diakui Robby, bahwa dalam katagori Triple Jatim kalah di delapan besar dua-duanya mengalami kekalahan dari tim Thailand, saya juga sebagai manager sangat mengapresiasi kepada anak-anak untuk kejuaraan kali ini, dan terimakasih juga kepada Fopi Kota Cimahi sudah memberikan wadah Petangue untuk seluruh Indonesia, bisa bertanding disini, bisa jalan-jalan di Cimahi,” ungkapnya.

Pihaknya mengucapkan banyak terimakasih kepada semua panitia, wasit dan Ketua Pelaksana. dan jajaran terkait.

“Alhamdulillah kita masih bisa mendapatkan juara ketiga dan ini target yang sudah dicanangkan, karena ini sudah masuk ke tim Pelatda, sebagai persiapan untuk PON 2024 pada bulan September mendatang,” tegas Robby.

“Kami sangat mengapresiasi dan dorongan motivasi sehingga kami akan melaksakan hal yang serupa jika tidak ada halangan di Juli mendatang nanti akan ada kejuaraan di Jawa Timur,” katanya.

Tim atlit Petangue yang dikirimkan dari Jawa Timur sebanyak 18 atlet diantaranya 8 tim double dan 5 tim Triple . Tim Thailand mengirimkan 8 Tim, Cimahi 8 Tim, Malaysia 12 Tim.
Sementara tim Atlit Petangue dari Thailand dan Malaysia sangat bangga bisa mengikuti bertanding di Cimahi ***.(DIN)