Ika Siska Kartika Terpilih Ketua Dansa Masa Bakti 2024-2028 Kedua Kalinya, Pengprov IODI Jabar dan KONI Apresiasi

Ketua IODI kota Cimahi, Ika Siska Kartika memberikan sambutan pada acara Musyawarah Cabang Pengurus Cabang Ikatan Olahraga Dancesport Indonesia ( IODI) Kota Cimahi di Jln. Encep Kartawiria Cimahi Utara, Selasa (30/4/2024). Foto : Didin Sjafruddin

Bandung, InBewara – Ika Siska Kartika  resmi memimpin ikatan Olahraga Dancesoprt Indonesia ( IODI) masa bakti 2024-2028 pada Musyawarah Cabang ( Muscab) Pengurus Cabang (Pengcab) IODI kota Cimahi 2024 .

Pembukaan Muscab tersebut dibuka langsung Ketua KONI Kota Cimahi Aris Permono dan pengurus lainnya serta didampingi Ketua Umum IODI Jawa Barat, Aida Gurning dan jajarannya di  Setra Mas Residence 3&5 Jln. Encep Kartawiria Cimahi Utara, Selasa (30/4/2024).

Ketua IODI Jabar, Aida Gurning  mengucapkan banyak terima kasih Muscab IODI ini bisa berlangsung dengan baik, aman lancar, dan sukses dibawah kepemimpinan Ika Siska Kartika sebagai Ketua Umum IODI Kota Cimahi periode sebelumnya.

Dikatakan IODI kota Cimahi sudah mampu memberikan medali emas di Porprov XX 2022 ,  “Mudah-mudahan di event Porprov 2026 mendatang lebih banyak lagi raihan medali emas begitu juga mudah-mudahan IODI Jabar juga bisa mencetak sejarah di  PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut karena cabang olahraga dansa juga secara resmi sudah dipertandingkan,” Kata Aida

“IODI kota Cimahi di bawah kepemimpinan Ika Siska Kartika menjadi salah satu yang bisa memberikan kontribusi meraih medali emas karena sudah resmi dipertandingkan di PON XXI di Aceh dan Sumut untuk mencapai Jabar Hatrick,” ungkapnya.

Disisi lain, kepemimpinan Ika Siska Kartika sebagai Ketua Umum Cabor Dansa Kota Cimahi adalah yang kedua kali. Ika Siska terpilih secara aklamasi dalam Muscab IODI Kota Cimahi 2024.

Namun yang paling penting katanya lagi, adalah menjunjung tinggi sportivitas dan optimisme dalam multi event yang dihadapi, peluang cabor dansa kota Cimahi di Jabar sangat baik..

“Harapan kita tetap meraih medali emas, secara pribadi peluang terbesar Jabar membawa dan meraih medali emas di PON mendatang ada di cabor Dansa ( IODI), pihaknya yakin tim dansa kita sangat kompak, semoga saja dengan tim yang solid dan kepengurusan yang kompak cita-cita itu bisa tecapai,” ungkapnya.

Pada saat yang sama Ketua KONI Kota Cimahi Aris Permono mengatakan, KONI Cimahi mempersilahkan pemilihan ketua IODI yang baru , KONI tidak ada interfensi kepada siapa yang akan menjadi ketua terpilih , namun beliau mengucapkan terima kasih atas upaya ketua IODI periode lalu yang dipimpinnya bisa memberikan kontribusi medali emas pada Porprov XX, di 2022 yang lalu.

“Suatu organisasi baik tata kelola organisasi adalah tergantung kepada manajemennya, cabor IODI sudah menunjukkan hasil yang diperoleh,” katanya

Selanjutnya dalam organisasi terutama pengelolaan tentunya adalah kebersamaan diantara pengurus untuk mencapai suatu tujuan dan meningkatkan hasil yang akan dicapai.

KONI akan memberikan dorongan anggaran untuk IODI terutama dalam Dana Operasional Pembinaan (DOP) dan Dana Operasional Cabor ( DOC).

Pemberian baik DOP maupun DOC bagaimanapun harus menjadi tanggung jawab cabor untuk bisa memberikan laporannya secara tanggung jawab, apabila belum bisa memberikan laporan tentu pemberian Anggaran DOP dan DOC selanjutnya pasti tidak akan diberikan lagi tanpa menyelesaikan laporan secara Adminstratif yang benar.

“Hal ini tentu sebagai edukasi untuk menyelesaikan secara adminstrasi yang baik terhadap anggaran yang diberikan ” kata Aris.

Alhamdulillah KONI kota Cimahi dari segi tatanan manajemen mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam membuat laporan Keuangan 2023 dari Pemerintah Kota Cimahi dan mendapat peri ngkat terbaik dari KONI di Jawa Barat.

“Berharap IODI Kota Cimahi, paling tidak bisa mengembangkan club club baru. agar bisa memberikan tambahan kepengurusan Klub untuk membentuk dan peningkatan club baru sehingga bisa menambah terbentuknya club-club baru di Kota Cimahi,” katanya

“Kuncinya tentu organisasi akan berjalan baik apabila manajemen organisasi bisa dilaksanakan dengan kebersamaan diantara para pengurusnya untuk mencapai tujuan yang diharapkan.” tegasnya

Ditambahkan dalam menjalankan roda organisasi IODI nanti, Ika Siska Kartika akan dibantu dua orang formatur untuk segera menyusun kepengurusan IODI masa bakti 2024-2028, sehingga KONI akan segera merekomendasi ke IODI Jabar untuk segera dikeluarkan surat keputusan kepengurusan IODI Kota Cimahi periode 2024-2028.

Ketua IODI kota Cimahi, Ika Siska mengatakan dirinya mengakui, untuk membenahi organisasi yang dipimpinnya menjadi tantangan terbesar memasuki empat tahun ke depan.

“Tentu saja tantangan terbesarnya harus bisa memperbaiki empat tahun ke belakang, Dengan periode yang baru ini kita harus lebih baik karena empat tahun ke belakang saya sendiri yang memimpin jadi banyak tugas dan pekerjaan rumah yang harus kita perbaiki baik di organisasi maupun pembinaan, ” Tegas Ika

Salah satu tantangan terdekatnya adalah menyukseskan dan mendukung Jawa Barat meraih medali emas dimana cabang olahraga dansa merupakan cabang olahraga yang di pertandingkan di PON XXI/2024 di Aceh dan Sumut September mendatang.

“Komitmen kita dengan KONI Jabar dan IODI Jabar harus mencetak jabar Hatrick untuk meraih medali emas di PON nanti,” ujarnya

Secara teknis persiapan kita sudah jauh-jauh hari membaca arah untuk mendapatkan emas,” tegasnya.

***(DIN)