Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Kota Cimahi Resmi terdaftar di Kesbangpol Pemkot Apresiasi

Ketua GRIB DPC Kota Cimahi, Wispa Lumbanraja, S.Tr bersama pengurus lainnya saat resmi terdaftar di Kesbangpol Cimahi Rabu (26/6/2024). foto: Humas Grib.

Cimahi, InBewara,- Keberadaan dan peran organisasi kemasyarakatan yang tergabung Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Kota Cimahi diharapkan dapat berjalan sinergi dan bekerja sama dengan baik dengan pemerintah.

Sehingga dapat membantu dalam merumuskan kebijakan yang efektif dan efisien, dalam menyikapi permasalahan sosial kemasyarakatan, mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat, serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Perlu diketahui juga bahwa
Organisasi Masyarakat (Ormas) merupakan kelompok masyarakat yang dibentuk berdasarkan tujuan, visi dan misi atas partisipasi bersama.

Ormas beroperasi diberbagai bidang seperti Sosial, Budaya, Agama, Politik, Ekonomi dan Lingkungan yang dapat mempengaruhi kebijakan publik dan memberikan layanan kepada masyarakat.

Ormas mendorong partisipasi politik warga menjaga transparasi, mematuhi hukum dan mendukung perlindungan Hak Asazi Manusia ( HAM) termasuk solusi konflik di masyarakat.

Kehadiran Ormas dapat mengurangi ketimpangan sosial dan ekonomi dan mendorong upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat dengan berbagai pelatihan dan keterampilan.

Ormas berperan dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan, berpartisipasi dalam menjaga kelestarian alam serta mengembangkan program program yang berkelanjutan untuk masa depan yang lebih baik.

Ormas adalah salah satu entitas penyeimbang yang penting dalam mewujudkan good goverment serta bertanggung jawab atas segala ketimpangan yang terjadi baik di masyarakat, pemerintahan, ekonomi maupun lingkungan.

Hal ini disampaikan Ketua GRIB DPC Kota Cimahi, Wispa Lumbanraja, S.Tr saat menerima kunjungan dari Kesbangpol Kota Cimahi ke sekretariat untuk verifikasi keberadaan GRIB di Kota Cimahi, Kamis (27/6/2024). Hal ini perlu kita apresiasi dan ucapkan terima kasih kepada Kesbangpol Kota Cimahi yang telah menerima keberadaan GRIB di Kota Cimahi.

“Jadi sekarang ini Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Kota Cimahi telah terdaftar di Kesbangpol Kota Cimahi sehingga GRIB Kota Cimahi syah dan tidak illegal,” ujar Wispa yang juga salah satu ketua di KONI Kota Cimahi

Dirinya mengatakan eksistensi dan peran GRIB di Kota Cimahi diharapkan bisa memberikan warna dalam upaya-upaya memperkuat masyarakat sipil, dalam rangka menciptakan civil society yang kuat dan mandiri, melalui peran-peran pemberdayaan masyarakat, advokasi publik dan pengawasan kebijakan pemerintahan daerah.

Pihaknya menuturkan ormas dan LSM merupakan mitra pemerintah daerah yang bisa tumbuh dan berkembang sesuai aturan dan regulasi, karena merupakan potensi atau aset yang dimiliki daerah. Diharapkan nantinya bisa bersinergi dalam mewujudkan cita-cita bersama yang tujuan utamanya adalah kesejahteraan masyarakat.

“Kami imbau kepada anggota, untuk sejajar dan seiring sejalan dengan Pemerintah Daerah dalam memberikan pendapat dan pikiran yang di tuangkan secara arif bijaksana dalam mendukung peran pemerintah. Saya ucapkan terima kasih kepada pengurus dan anggota yang tergabung di GRIB Kota Cimahi karena ini untuk kemajuan bersama,” tegas Wispa

***(DIN)