Momen Tepat Tingkatkan Prestasi Cabor Catur di Hari Bhayangkara ke- 78, Pemkot dan KONI Sangat Mendukung

Kapolres Cimahi, Ajum Komisaris Besar Polisi (AKBP), Aldi Subartono, S.H, S.I.K.,M.H.,CPHR dengan pecatur veteran disaksikan ketua Percasi kota Cimahi, Achmad Saefulloh pada pembukaan kejuaraan catur dalam rangka HUT ke -78 Bhayangkara di Gedung Tekhno Park di Jln.Baros, Cimahi, Sabtu , (22/6/2024). foto : Yayan

Bandung, InBewara,- Sebanyak 200 peserta atlet catur se kota Cimahi mengikuti kejuaraan Catur Kapolres Cup 2024 dalam rangka hari ulang tahun Bhayangkara ke -78.

Momen untuk menyemarakkan peringatan HUT Bhayangkara ke -78 ini Polres Cimahi menggelar Turnamen/Kejuaraan catur Kapolres Cup 2024 diwilayah hukum Polres Cimahi yang meliputi Kota Cimahi, Kab.Bandung Barat dan Kecamatan Margaasih.

Kejuaraan catur ini atas Prakarsa Kapolres yang didukung Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi )Kota Cimahi atas kerjasama dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia ( KONI) Kota Cimahi yang digelar di Gedung Tekhno Park di Jln.Baros, Cimahi Sabtu , (22/6/2024).

Kapolres Cimahi, Ajum Komisaris Besar Polisi (AKBP), Aldi Subartono, S.H,,S.I.K.,M.H.,CPHR, menyampaikan para pemenang ini nantinya bisa menjadi atlet atlet binaan, sehingga bisa dipilih ketingkat yang lebih tinggi dan tampil di Kejuaraan yang lebih baik lagi seperti Porprov XV dan di PON mendatang

“Memang kalah menang itu biasa dalam pertandingan, namun yang menang itu pasti luar biasa,” katanya

Kejuaraan Catur Kapolres Cup 2024 ini merupakan rangkaian kegiatannya selama 2 hari ini, rangkaian lainya sudah dilaksanakan yaitu futsal dan kegiatan lainnya yang dilaksanakan dalam rangka hari bhayangkara yang ke-78.

“Dalam kejuaraan atau kompetisi para peserta memang kalau diarahkan kepada hal yang positif tentu dapat membantu dan ikut menertibkan ketertiban dimana setiap anak mudanya bisa mengembangkan bakat sesuai dengan keahliannya, bukan dibidang catur saja tapi dibidang lainnya sesuai dengan bakatnya masing masing dan membantu untuk menghindari dari meningkatkan hal-hal negatif,” katanya.

Pihaknya berharap hasil dan suksesnya kejuaraan ini, bisa meningkatkan generasi muda yang berprestasi dan berdaya guna sumber daya manusianya,” tegas Aldi. .

Sementara Ketua KONI Kota Cimahi , Aris Permono.S.Sos., MSi, yang diwakili Sekretaris Umum, Yayan, S.Pd., M.M.Pd, menyampaikan bahwa kejuaraan ini sangat diapresiasi setinggi-tingginya kepada PERCASI Cimahi sebagai Anggota KONI Kota Cimahi yang telah menyelenggarakan Kejuaraan Kapolres Cup 2024.

Hal ini, sebagai amanat dalam konstitusi AD/ART PERCASI, bahwa setiap Pengkab/Pengkot harus melaksanakan Kejuaraan minimal 1 kali dalam 1 tahun kalender.

“Apabila cabor tidak menyelenggarakan maka akan terkena sanksi organisasi, dan juga sebagai parameter suatu Pengcab dalam melaksanakan pembinaan terhadap Club anggota dan juga para atlet.,” kata Yayan

“Hasil dari kejuaraan Kapolres Cup 2024 ini paling tidak prestasi yang dipersiapkan untuk mewakili dan mengikuti Kejurda Tingkat Provinsi Jawa Barat sekaligus Seleksi Babak Kualifikasi BK PORPROV Tahun 2025,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa KONI memberikan dukungan dan motivasi kepada para atlet yang akan bertanding, agar lebih semangat untuk menunjukkan prestasi, tampil gemilang dengan peforma yang prima, disiplin dalam berlatih untuk meraih dan mewujudkan cita-cita yang tinggi.

“Oleh Karena itu momen ini dapat dijadikan suatu ajang dalam rangka menggali bibit-bibit atlet Catur Kota Cimahi baik Putra maupun Putri yang potensial bisa berprestasi dan menjunjung tinggi sportivitas olahraga,” tegas Yayan.

Ditambahkan bahwa Program KONI Kota Cimahi kedepan melalui PERCASI , Atlet-atlet terbaik akan diseleksi untuk masuk dalam tim Pelatda BK Porprov 2025 dan babak utama Porprov XV 2026 sebagai duta di Tingkat Kota Menuju ke Tingkat Provinsi, sehingga bisa mewakili Indonesia di tingkat Internasional.

Yayan berharap kedepan kegiatan seperti ini bisa ditingkatkan pada kejuaraan yang lebih baik lagi dan selamat bertanding, semoga sukses tercapai sesuai harapan, dan mendapatkan ridho Alloh SWT. Tuhan Yang Maha esa.

Adapun kejuaraan Kapolres Cup 2024 ini diikuti 200 peserta dengan kategori nomor yang dipertandingkan sesuai ketentuan peraturan Percasi terbaru, yakni , Sistem Swiss G 10 + 5, dengan diikuti kelompok Veteran 28 orang, kelompok Senior 144 orang, kelompok Junior 14 orang, dan kelompok Anggota Polri 14 orang

Dalam pelaksanaannya juga panitia dibantu dengan para petugas Wasit dan Tim Pairing dari Pengprov Percasi Jawa Barat.

***(DIN)