Pelatihan Interactive Reading Aloud Menggunakan Buku Anak Targeted-Integratif  bagi Penggerak PKK di Kecamatan Padalarang

Para peserta Penggerak PKK dari berbagai Desa di Kecamatan Padalarang Kab.Bandung Barat mengikuti Pelatihan Interactive Reading Aloud Menggunakan Buku Anak Targeted-Integratif untuk Meningkatkan Literasi Fisik dan Penguasaan Kosakata Anak bagi Penggerak PKK.di kantor Kecamatan Padalarang, Jumat (12/7/2024).

Bandung InBewara,- Sebanyak 25 orang Penggerak PKK dari berbagai Desa di Kecamatan Padalarang Kab.Bandung Barat mengikuti Pelatihan Interactive Reading Aloud Menggunakan Buku Anak Targeted-Integratif untuk Meningkatkan Literasi Fisik dan Penguasaan Kosakata Anak bagi Penggerak PKK.

Kegiatan Pelatihan Interactive Reading Aloud Menggunakan Buku Anak Targeted-Integratif untuk Meningkatkan Literasi Fisik dan Penguasaan Kosakata Anak bagi Penggerak PKK dilaksanakan di Kantor Kecamatan Padalarang Kab.Bandung Barat, pada Jumat (12/7/2024)

Hal ini bagian upaya dari pengabdian kepada masyarakat yaitu suatu kegiatan yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam beberapa aktivitas tanpa mengharapkan imbalan dalam bentuk apapun yang dilaksanakan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) .

Adapun pelaksanaan kegiatan tersebut menampilkan nara sumber yang berkompeten dibidangnya diantaranya Wulandari Putri, M.Pd. (Dosen UPI Bumi Siliwangi), dan Rr. Deni Widjayatri, M.Pd. (Dosen UPI Serang).

Salah seorang nara sumber, Wulandari Putri, M.Pd menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya pelatihan tersebut.

“Pelatihan tersebut untuk memahami penggunaan sekaligus memperoleh keterampilan menggunakan buku targeted-integratif dalam kegiatan membaca nyaring (reading aloud) untuk meningkatkan literasi fisik dan kosakata anak,” katanya

Dikatakan bahwa kegiatan ini
dilaksanakan hanya satu hari saja yang di dalamnya terdiri dari dua kegiatan utama, yaitu pemaparan terkait Literasi Fisik, Interactive Reading Aloud, dan Buku Targeted-Integratif, selanjutnya dilaksanakan satu kegiatan lagi yaitu pelatihan dan praktik membaca nyaring interaktif (Interactive Reading Aloud) menggunakan buku Targeted-Integratif dengan konten gerak bagi Penggerak PKK untuk meningkatkan literasi fisik dan penguasaan kosakata anak

Pihaknya mengapresiasi pada kegiatan yang berlangsung selama 1 hari ini sehingga seluruh peserta menyimak pemaparan dengan baik dan mengikuti pelatihan dengan antusias dan partisipatif.

“Ya, alhamdulillah para peserta mempraktikan membaca nyaring dan bekerja dalam kelompok untuk menyusun poster cerita yang sesuai dengan tema.,” tegasnya

Adapun pendapat salah satu peserta perwakilan dari PKK Desa Kertamukti
Rosidah Hermawati, mengatakan bahwa pada kegiatan ini dirinya berterima kasih kepada UPI (Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) atas acara ini.

“Banyak yang manfaat dari acara yang dilaksananakan terutama Sangat bermanfaat bagi kami, apalagi kita sebagai pembimbing anak-anak PAUD semoga program ini selalu bersinergi pada Kecamatan Padalarang, khususnya PAUD dan PKK se-Kecamatan Padalarang Kab.Bandung Barat,”tegas Rosidah.

***(MSY/DIN)