Kejuaraan Renang Antar Pelajar Se-Bandung Raya 2024, Tolak Ukur Uji Kemampuan Potensi Atlet

Ketua KONI Kota Cimahi H.Aris Permono bersama jajarannya dan unsur terkait saat menghadiri pembukaan antar Pelajar se Bandung Raya di Pandiga Sport Education Centre Cimahi , Sabtu (3/8/2024). Foto : Didin Sjafruddin.

Cimahi, Inbewara – Sebanyak kurang lebih 1000 atlet renang mengikuti Kejuaraan Renang antar Pelajar se Bandung Raya Federasi Aquatiq Indonesia (FAI) Kota Cimahi, Pandiga educreation Sport. 2024.

Kejuaraan Renang antar Pelajar se Bandung Raya tersebut berlangsung di Pandiga Sport Education Centre, Cimahi,  mulai Sabtu (3/08/2024) hingga Minggu (4/8/2024)

Jumlah nomor perlombaan yang dipertandingkan sebanyak kurang lebih 3000 nomor dengan berbagai katerogi, mulai usia dini putera- puteri serta usia remaja ( TK, SD, SMP dan SMA).

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua Pelaksana, Sumpena pada acara pembukaan Kejuaraan Renang antar Pelajar se Bandung Raya Federasi Aquatiq Indonesia (FAI) Kota Cimahi, Pandiga educreation Sport. 2024.

“Kejuaraan ini berjalan aman lancar dan sukses , dan potensi atlet atlet yang akan bersaing untuk bisa terpilih sebagai atlet kota Cimahi ,” kata Sumpena yang juga Ketua Harian Aquatik Kota Cimahi,

‘Diharapkan kejuaraan Kejuaraan Renang antar Pelajar se Bandung Raya FAI Kota Cimahi, Pandiga educreation Sport. 2024 untuk mendapatkan potensi atlet-atlet terbaik kota Cimahi.Tentu nanti pemenangnya siap bersaing pada saat multi event yang diselenggarakan baik itu Porprov XV maupun PON mendatang,” tegas Sumpena.

Dia berharap kejuaraan tersebut dapat di jadikan sebagai ajang untuk mengukur kemampuan atlet serta mencari bibit unggul perenang berprestasi seperti Triadi Fauzi Sidik, Reza Bayu yang memperkuat tim Aquatiq Jabar pada PON XXI mendatang.

“Kejuaraan ini bisa dijadikan sebagai tolak ukur atlet, sejauh mana kemampuannya dalam mengikuti kejuaraan tersebut,” kata Sumpena

Dengan banyaknya event atau kejuaraan renang seperti ini, menurut Sumpena lebih berpeluang dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas atlet aquatik.

“Ya, menambah jam terbang atlet, apalagi banyak anak-anak usia dini. Mereka antusias sekali ini yang perlu diapresiasi,” kata dia, saat wawancara dengan wartawan media ,Sabtu (03/8/2024).

Ketua KONI Kota Cimahi H.Aris Permono.S.Sos., M.Si mengatakan Kejuaraan Renang antar Pelajar se Bandung Raya FAI Kota Cimahi, Pandiga educreation Sport. 2024 ini sangat membanggakan dan sangat di apresiasi .

Dengan banyaknya event atau kejuaraan renang seperti ini, menurut Aris lebih berpeluang dalam meningkatkan kompetensi dan kualitas atlet aquatik.

Dirinya sangat mendukung keberlangsungan Kejuaraan Renang antar Pelajar se Bandung Raya FAI Kota Cimahi, Pandiga educreation Sport. 2024

“Hal ini akan menumbuhkan hasil pembinaan yang baik serta tumbuh bibit bibit yang menghasilkan atlet berkualitas dan bisa manjadi atlet nasional,” katanya

Dirinya pun berkeinginan kejuaraan ini dapat dilakukan secara profesional serta wasitnya tetap fair play. Karena menurut Aris, keberhasilan sebagai juara bukan jaminan kualitas jika perlombaan tidak dilakukan secara sportifitas.

“Saya mohon wasit fair play, tetap menunjung tinggi sportifitas. Sehingga nanti atlet yang juara adalah yang benar-benar beprestasi,” ungkap Aris .

Aris berjanji akan terus mendukung event-event aquatik seperti halya kejuaraan ini, bahkan pihaknya meminta untuk bisa ditingkatkan ke kejuaraan yang lebih besar,

Sementara Ketua Aquatiq Pengprov Jabar, Ir Verdi Yosef yang diwakili sekretaris umumnya,Vera Ariesta, menyampaikan agar Kejuaraan Renang antar Pelajar se Bandung Raya FAI Kota Cimahi, Pandiga educreation Sport. 2024 ini sangat baik dilaksanakan sehingga dapat memperlihatkan adanya pembinaan yang baik yang dilakukan cabor Aquatiq di daerahnya,

“Yang paling utama dalam kegiatan yang dilakukan cabor ditingkat kab. Kota setiap pelaksanaan kejuaraan supaya diketahui oleh pengprov yang sesuai regulasinya , ini yang sangat diperlukan seperti halnya Kejuaraan Renang antar Pelajar se Bandung Raya FAI Kota Cimahi, Pandiga educreation Sport. 2024 ini, “ungkap vera.

Pihaknya berharap kejuaraan Renang antar pelajar Se Bandung Raya FAI kota Cimahi terus bisa menjadi contoh daerah daerah lain , sehingga menghasilkan bibit unggul dan talenta muda disetiap daerah.

Adapun hasil pertandingan yang terbaik diperoleh pada hari pertama sebagai berikut , Nomor Fun Swin, TK Putra , 5 emas, Byanana Muhammad Filardha (TK Bimba Aiueo), TK Putri , Naira Zivana putri (Tk Al- Mutaqin), 5emas 1 perunggu, SD1 putra , Muhammad Zaim Akhtar Hisyam, 3 emas (SDN Batujajar), SD1 putri , Alulla Zidni Shakila, 3 emas (SDN Cipageran Mandiri 1),
SD2 putra, Arsyafiq Virendra Aldebaran, 4 emas, 1 perak (SDN 113 Banjarsari), SD2 putri , Sarah Salsabila, 3 emas (SDN Cimahi Mandiri 2), SD3 putra , Nabil Dhanuja Wisma , 2 emas (SDIT Al FATH), dan SD3, Alluna Kanza Ferdian, 8 emas (SDN Cipageran Mandiri 1). Sementara hasil pertandingan lain masih berlangsung.

***(DIN)