KONI Kota Tegal Kunjungi KONI kota Cimahi Pelajari Konsep Manajemen Organisasi, Pembinaan dan Atlet Berprestasi

Ketua Umum KONI Kota Tegal, Supardi SH ( Kanan) menerima cinderamata dari Ketua Umum KONI kota Cimahi, Aris Permono di kantor KONI, Ruko Sentra Mas 3 & 5 Jln.Encep Kartawiria, Cimahi Utara kota Cimahi, Senin, (12/8/2024). Foto: Didin Sjafruddin

Cimahi, InBewara, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tegal studi banding (Stuban) ke KONI Cimahi untuk silaturahmi dan mempelajari konsep Manajemen organisasi yang di dalamnya termasuk pembinaan atlet olahraga berprestasi, dan pengelolaan anggaran keuangan serta instrumen terpadu.

Rombongan diterima langsung Ketua Umum KONI Cimahi, H.Aris Permono, S.Sos, M.Si, Ketua Harian Prof, Ahkmad Sobarna, Sekum Yayan,M.M.Pd, Para Wakil Ketua Umum, Audit Internal, Chaerul Syobar beserta jajajaran pengurus lainnya di kantor KONI Ruko Sentra Mas 3 & 5 Jln.Encep Kartawiria, Cimahi Utara kota Cimahi, Senin (12/8/2024).

Untuk diketahui Kota Tegal  adalah satu kota di Provinsi Jawa Tengah, yang berbatasan dengan Kabupaten Brebes di sebelah barat, Laut Jawa di sebelah utara, serta Kabupaten Tegal di sebelah selatan dan timur. Hari jadi Kota Tegal adalah 12 April 1580. penduduknya kurang lebih 249.000 setengan dari penduduk kota Cimahi tèrdiri dari 4 kecamatan 23 kelurahan

Ketua Umum KONI Kota Tegal Supardi SH mengatakan pihaknya telah mendapatkan informasi dan banyak masukan bagaimana mengelola olahraga dengan manajemen terpadu dan bisa menjadi nilai tambah

“Oleh karena prestasi KONI Kota Cimahi mendapat predikat terbaik, maka sepakat untuk studi banding ( Stuban) ke Kota Cimahi. Kota Tegal ingin menjadikan olahraga bisa meningkat dan bisa menggali potensi seperti di Kota Cimahi,” katanya

Pihaknya menyampaikan, ada beberapa hal yang bisa diambil se optimal mungkin dari Kota Cimahi. Salah satunya bagaimana pemanfaatan dan kerja sama atau memorandum of Understanding ( MoU) antara TNI ( pusat pendidikan), dan KONI guna menggunakan sarana dan prasarana yang ada di Cimahi, seperti Disjas, Pussenarhanud, Armed dan pusdik lainnya.

“Sarana dan prasarana kami di kota tegal masih minim dengan hanya memiliki sedikit stadion dan GOR yang tidak begitu besar, upayanya mengoptimalkan tanggung jawab sebagai ketua KONI. Dengan lahan yang terbatas, KONI Cimahi mampu membangun sinergi dengan TNI guna penggunaan sarana olahraga,” katanya.

Selain itu jajaran Manajemen hampir sebagian pengurusnya adalah ketua cabor ,Politisi, Praktisi, PNS dan dosen bahkan ada Prof yang menjabat sebagai wakil ketua Umum KONI Kota Cimahi.

Pihaknya akan menjadikan catatan penting semua yang didapat dari kunjungan luar biasa ini, bagaimana mencari model kepengurusan yang lebih baik dari pengurus sebelumnya sehingga menjadi bahan referensi yang bermanfaat

Hal senada disampaikan Ketua Umum KONI Cimahi, Aris, baik Kab. atau Kota Tegal maupun Kota Cimahi sama-sama ada kepentingan dan sharing informasi untuk mendapatkan referensi baru mengenai pembinaan olahraga prestasi. Hal yang kaget apa yang akan dicari di KONI Cimahi,

“Kebanggaan sekali untuk KONI Kota Cimahi yang ternyata mendapatkan kunjungan dari Kabupaten/Kota lain seperti Kora Tegal, Tentunya pertemuan ini sangat berharga buat kami untuk bertukar ilmu dan kiat-kiat membina olahraga prestasi” katanya.

Aris Permono mengatakan dengan wilayah yang berbeda tentunya tata kelola juga dipastikan punya cara masing masing dalam pengelolaannya. Begitu juga dengan anggaran yang diberikan pemerintah kota terhadap KONI Daerah belum dioptimalkan.

“Dengan kondisi yang berbeda maka kita sama-sama menggali pelajaran dan pengalaman bagaimana KONI mengelola Manajemen, anggaran yang minim untuk bisa meningkatkan prestasi olahraga. Terlebih di Kota Cimahi yang sudah mengarah ke industri olahraga,” ungkapnya.

Hal yang akan dioptimalkan adalah
tanggung jawab sosialnya, namun KONI dengan instansi terkait untuk bisa mengangkat orang tua asuh untuk atlet berprestasi bisa dikaryakan di instansi Swasta, pemerintah kota dan instansi bank seperti bank BJB Cimahi sudah mulai dan kedepan akan terus dikembangkan dengan instansi terkait lainnya.

Sementara itu Seketaris Umum KONI Kota Cimahi Yayan, S.Pd, M.M,Pd mengatakan pihaknya berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas baik managemen maupun tata kelola organisasi.

“Kita semua akan terus mendorong sukses prestasi dan sukses administrasi. Berangkat dari sesuatu yang terbaik terutama dalam hal management tata kelola organisasi Koni Kota Cimahi di bawah pimpinan Aris Permono,” ungkap dia.

Yayan menambahkan, sejak tahun 2021 Koni Kota Cimahi menyandang predikat Koni terbaik di Jawa Barat, tentu menjadi referensi untuk kota lainnya.

Setelah menggelar diskusi dan tanya jawab para pengurus KONI KotaTegal melakukan acara makan bersama dan sesi foto bersama dilanjutkan dengan acara kunjungan ke lapang tembak dan Velodrome munaip Saleh, sementara tim kota tegal lainnya melakukan kunjungan ke Kab.Bandung selanjutnya keesokan harinya seluruh tim KONI Tegal akan melakukan kunjungan ke kota lain yaitu ke KONI Kota Bandung untuk lebih meningkatkan dan menambah wawasan sebagai bahan referensi

***.(DIN)