Atang Ependi Atlet Binaraga Jabar Asal Kota Cimahi Meraih Perunggu pada PON XXI di Medan 2024, KONI dan Pemkot Apresiasi

Atang Ependi Atlet Binaraga Jabar asal Kota Cimahi bersama ketua KONI Kota Cimahi, Aris Permono dan Pelatih Heli Saptaji pada PON XXI 2024 di Medan Sumut, Rabu (11/9/2024). Foto: Heli Saptaji

Medan, InBewara – Atang Ependi Atlet Binaraga Jawa Barat asal kota Cimahi berhasil menorehkan medali perunggu pada PON XXI di Medan Sumut 2024, Rabu (11/9/2024).

Perlu diketahui bahwa Binaraga merupakan suatu cabang olahraga yang bertujuan untuk membesarkan otot tubuh dan kegiatan pembentukan tubuh yang melibatkan hipertrofi otot, dengan cara melakukan latihan beban dan diet protein tinggi secara rutin, seseorang dapat meningkatkan masa otot.

Seorang atlet binaraga harus memamerkan otot tubuhnya untuk dinilai juri, sebaliknya penilaian juri didasarkan kepada massa otot, simetri tubuh, definisi otot, dan penampilan atlet di panggung lomba.10 jam yang lalu

Dalam kompetisi binaraga, para binaragawan memamerkan otot tubuh mereka dihadapan dewan juri yang menilai penampilan fisik mereka. Dewan juri ini akan memberikan nilai berdasarkan kriteria tertentu; seperti massa otot, simetri tubuh, definisi otot, serta penampilan yang mencakup koreografi, musik, dan tema. Otot tubuh ditonjolkan melalui serangkaian proses yang disebut “cutting phase”; serangkaian kombinasi dari pengurangan kadar lemak tubuh, penggelapan warna kulit (dilakukan dengan berjemur di bawah sinar matahari), pembaluran minyak pada tubuh, ditambah efek penyinaran panggung yang akan membantu dewan juri untuk melihat definisi otot secara lebih jelas.

Berdasarkan hasil kejuaraan Binaraga keterangan yang didapat untuk Katagori 80 Kg pada PON XXI 2024 ini di ikuti 15 Provinsi diantaranya provinsi Kaltim, Sumut, Jogjakarta, Jatim, DKI, Banten, Sumbar, Kalsel, Bali , Aceh, Jabar, Jateng, Sulsel, Riau, dan Sulut.

Atang Ependi dari Jabar ( asal Kota Cimahi berhasil menyumbangkan medali perunggu untuk Jabar ( Kota Cimahi) di katagori 80 Kg sementara emas, diraih Akbar Nur Akmi, (Jatim) dan ke dua, perak diraih Ahmad Mudholuddin (Kalsel).

Di katagori Athletik Physique, emas diraih Sirilius Dwi March Woda, ( Jogjakarta), perak Robi Yanur ( Kaltim) dan perunggu diraih Yona Riyana Pura ( Jabar).

“Perolehan medali di cabang Olahraga Binaraga peringkat pertama Kalimantan Timur 4 medali ( 2 emas , 2 perak ), peringkat ke dua diraih Sumatra Utara , 6 medali ( 2 emas, 1 perak, 3 perunggu) dan peringkat ketiga diraih, Jogjakarta, (2 emas, 1 perak, 1 perunggu). Sementara posisi Jabar, berada di peringkat ke 11 dengan perolehan 2 perunggu dari 15 Provinsi yang berlaga di PON XXI 2024 di Medan Sumut.

Pelatih Binaraga Heli Saptaji mengatakan Atlet Binaraga asal Kota Cimahi pada PON XXI 2024, peserta berjumlah 7 orang sebagai wakil 7 Provinsi. Prejudge menyaring menjadi 5 orang.

“PON ini adalah ajang pembuktian atlet yang ditunggu tunggu oleh atlet yang dibina selama ini ,” ungkap Heli Saptaji , ketika diwawancarai melalui wattsUpp , Kamis (12/9/2024).

Finalis Jabar meraih medali perunggu melalui Atlet Atang Ependi pada Katagori 80 Kg.

“Kedepannya dalam menghadapi persiapan PON XXII 2028 NTB – NTT adalah Optimalisasi dukungan dari KONI Jabar dan Dispora Jabar dalam segi pembiayaan atas berbagai kebutuhan spesifik Cabor Binaraga yg berbeda dengan Cabor lainnya,” kata Heli

Pihaknya berharap Periodesasi Pelatda yang minimal dilaksanakan 1 (satu) tahun sebelum pelaksanaan pertandingan.

“Oleh Karena itu Cabor Binaraga adalah Cabor Penilaian sehingga sangat riskan faktor subjektifitasnya. Dan untuk mengantisipasinya adalah adanya daya dukung pada faktor non teknisnya,” tegas Heli.

Heli Saptaji berharap, semoga dengan hasil itu, Atang Ependi memiliki kesempatan untuk memperkuat PON XXII Jabar 2028 yang akan datang ,

“Dengan prestasi ini dapat meningkatkan lagi kemampuannya karena persaingan di PON XXII nanti lebih ketat, dan sekaligus ajang untuk meraih medali yang lebih baik lagi,” tegas Heli Saptaji.

Sementara Atang Ependi sendiri sebagai atlet kota Cimahi yang membawa harum nama daerah Cimahi dan Provinsi Jabar sangat bangga atas keikutsertaan dan keberhasilan meraih perunggu pada PON XXI 2024 di Medan ,

“Dirinya mengucapkan terima kasih atas terpilihnya menjadi salah satu atlet kota Cimahi yang membawa nama Daerah dan Provinsi pada PON XXI 2024, Oleh karena itu dirinya bersyukur atas perolehan dengan medali perunggu” ungkap Atang

Alhamdulillah saya bersyukur sekali bisa diberikan kesempatan untuk bertanding di ajang PON XXI untuk Jawa Barat. Saya sangat bangga sekali bisa berpartisipasi dalam Kontingen Jabar, dan tentunya atas pencapaian medali perunggu yang telah diraih pada gelaran multi even PON XXI 2024.

Dirinya akan tetap berlatih keras dan terus berjuang agar dapat meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

“Tentunya dengan doa dan dukungan orang tua, KONI kota Cimahi dan Pemerintah Kota Insyaa Allah saya bisa meraih pencapaian tertinggi di PON XXII nanti. Target saya di PON XXI, baru dapat perunggu tentunya untuk mendapatkan emas adalah tujuan yang lebih baik lagi untuk kota Cimahi khususnya dan Jawa Barat pada umumnya,’ ucapnya.

Pihaknya berharap kedepannya bisa lebih baik lagi untuk event yang akan datang, semoga setelah PON XXI ini saya bisa melanjutkan ke PON XXII maupun Sea Games untuk melanjutkan perjuangan menjadi atlet Binaraga yang berprestasi” tegas Atang Ependi saat menyampaikan komunikasinya via WattsUpp Kamis , (12/9/2024).

***(DIN)