Silaturahmi KONI Cimahi ke Bapopsi untuk Kolaborasi dan Sinergi, Berikan Prestasi Terbaik untuk Kota Cimahi

Ketua Bapopsi Kota Cimahi, Erwandi.S.Sos, Ketua III KONI Richard Nikolas, SE, Sekum KONI, Yayan M.Pd, dan jajarannya saat acara silaturahmi dan sharing informasi di kantor Disbudparpora Cimahi, Senin (30/09/2024). Foto: Didin Sjafruddin

Cimahi, InBewara, – Untuk meningkatkan prestasi atlet, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cimahi  melakukan silaturahmi monitoring dan evaluasi (Monev) ke Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (Bapopsi) Kota Cimahi , Senin (30/09/2024).

Silaturahmi Monev tersebut dilakukan untuk bersinergi dan kolaborasi dengan para pelaku olahraga dibawah naungan Bapopsi untuk melihat kesiapan para atlet dan yang utama adalah mempererat silaturahmi antara KONI dengan Bapopsi yang menaungi para pelaku olahraga yang domainnya adalah sekolah.

Sekretaris Umum KONI Kota Cimahi, Yayan, S.Pd, M.MPd, menyampaikan kunjungan dari KONI Kota Cimahi  tidak lain hanya untuk bersilaturahmi, membangun sinergitas antara KONI dan Bapopsi, yaitu menjawab satu pertanyaan dari pemerintah  terkait dengan cabang olah raga ini yang tercatat di Koni Cimahi sebanyak 56 Cabor, dan satu (1) badan Bapopsi apakah benar adanya, maka kami pastikan itu dengan kunjungan silaturahmi ke Bapopsi di Kota Cimahi.

“Kami menginformasikan bahwa pada tahun 2024 ini semua Cabor harus sudah melaksanakan seleksi,  dimana seleksi ini untuk menuju babak kualifikasi yaitu nanti di 2025, Kami bersama pengcab maupun Bapopsi ada satu kesepahaman bahwa nantinya dalam menyongsong persiapan kualifikasi semua harus clear. Harapan kami tentunya semua atlet siap dalam menghadapi kejuaraan apapun dan dapat medali di setiap cabang olahraga,” ungkapnya

Sementara Ketua III KONI Richard Nikolas, SE menyampaikan bahwa terkait anggaran apa yang diberikan kepada pelaku olahraga pengajuan anggaran tentunya disesuaikan dengan kebutuhan yang diperlukan, silahkan ajukan proposal termasuk item item yang akan didanai KONI.

“KONI mengerti tentang keinginan Bapopsi kota Cimahi untuk berperan lebih luas bukan saja dari Sarana Prasarana dengan tujuan bisa ikut berkontribusi dalam menunjang peningkatan prestasi olahraga di kota Cimahi, agar semua yang terkait dapat memberikan kontribusi pada prestasi olahraga di kota Cimahi yang sama sama kita inginkan,” tegas Richard

Badan Pembina Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia (BAPOPSI) merupakan organisasi pembinaan olahraga dikalangan pelajar Indonesia dan merupakan organisasi fungsional anggota KONI. BAPOPSI bertanggungjawab terhadap kemajuan dan perkembangan pembibitan, pembinaan, dan pencapaian prestasi olahraga pelajar.

Sementara di Bapopsi ada 22 sampai 24 cabang olahraga yang diperkirakan kurang lebih 200 orang pelaku olahraga sebagai binaan yang ada disekolah sekolah yang dipersiapkan untuk menghadapi popwilda dan POPDA 2025 mendatang, atlet atlet ini tentu untuk memberikan prestasi sekolahnya di kota Cimahi .

Ketua Bapopsi Kota Cimahi Erwandi, S.Sos mengatakan pelaku olahraga yang ada di Bapopsi memang ranahnya adalah pelajar sekolah, alhamdulillah dengan silaturahmi dn monitoring evaluasi KONI ke Bapopsi bisa berkolaborasi serta sinergitas saling mengisi untuk kemajuan olahraga di kota Cimahi.

Dengan adanya kerjasama dan informasi dari cabor dengan sekolahnya tentu ini mempermudah informasi untuk mendapatkan atlet atlet binaan Bapopsi sehingga apabila mereka juara tentu bisa mengangkat sekolah dan membawa nama cabornya, hal ini bisa ditindak lanjuti untuk pembinaan selanjutnya ke tingkat Daerah yang bisa dikoordinasikan dengan KONI ke tingkat yang lebih tinggi lagi untuk memberikan prestasi, untuk kota Cimahi.

“Oleh karena itu tentu ada target dalam pelaksanaan mengikuti POPDA Jabar 2025, paling tidak ada di 10 besar dan target bapopsi tentu 5 besar, karena ditahun sebelumnya masuk dinominasi 7 besar,” kata Erwandi

Pihaknya tetap akan mengupayakan untuk meningkatkan raihan medali, dan berdedikasi terbaik untuk sekolah masing masing dan cabor yang membinanya.

***(DIN)